Pertemuan Asia-Eropa di Belgia

Menhan Ingatkan Dua Ancaman Nyata

Menhan Ryamizard Ryacudu. Foto: suratkabar.id

COWASJP.COM – Menteri Pertahanan RI, Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu melakukan kunjungan kerja ke Belgia dan Jerman dari 12 sampai 17 Oktober 2018. 

Dalam kunjungan kerja tersebut Menhan Ryamizard juga menghadiri ‘Asia-Europe Counter Terrorism Dialogue’ di EAAS Building, Brussel, Belgia, Senin (15/10/2018). Dialog ini sendiri bertema ‘Masa Depan Kontra Terorisme: Pergeseran dari Kerjasama menjadi Kolaborasi’. Dalam pidato sambutannya Menhan mengingatkan pentingnya kerjasama antar negara dan antar kawasan. 

Menhan menekankan bahwa saat ini diperlukan suatu bentuk dan mekanisme kerjasama penanganan dua ancaman yang nyata, aktual dan realistik yaitu ancaman terorisme dan bencana alam. “Sifat alamiah dari ancaman tersebut adalah tidak mengenal batas negara; tidak mengenal agama, tidak mengenal waktu serta tidak memilih korbannya,” ujar Menhan dalam pidatonya.

Ke depan ancaman tidak akan lagi bersifat ancaman konvensional atau perang terbuka antar negara. 
Hal inilah yang mendasari kebutuhan untuk membangun arsitektur kerjasama keamanan antar negara dan antar kawasan untuk mengatasi ancaman nyata secara bersama. (*)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda