Di Indonesia, Setiap Jam 2 Ibu dan 8 Bayi Meninggal

Perwakilan USAID penanggung jawab program "Jalin" saat meeting dengan Lazismu, Jumat sore.

COWASJP.COM – Angka-angka ini sungguh membuat miris. Bayangkan: setiap jam ada 8 bayi meninggal sesaat setelah lahir. Setiap jam ada 2 ibu meninggal saat melahirkan. Itu angka nasional.

Dari seluruh wilayah Indonesia, enam provinsi menyumbang angka kematian bayi dan ibu terbesar: Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Di Banten yang paling dekat dengan Ibukota Negara, setiap minggu tercatat 8 ibu meninggal dunia saat melahirkan. Pada kurun yang sama, 28 bayi meninggal sesaat setelah lahir.

Yang menarik, sebanyak 60 persen kematian bayi dan ibu terjadi bukan karena masalah kesehatan, melainkan karena masalah pada sistem pendukungnya. 

Empat di antaranya adalah sistem refferal atau rujukan fasilitas kesehatan, sistem ketersediaan darah, sistem transportasi dan sistem akses ke JKN atau BPJS.

Angka ini tidak kunjung membaik dalam 5 tahun terakhir. Dari sejak masa kampanye Pilpres sampai sudah mau Pilpres lagi.  

Kondisi ini yang mendorong pertemuan antara Lazismu dan USAID hari ini. Direncanakan, dalam waktu dekat kedua lembaga akan membuat model program kerjasama untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. 

Penulis berita ini (Joko Intarto) ketiban sampur. Menjadi bagian tim kolaborasi ini. Semangat....(*)

Pewarta : Joko Intarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda