Pelatihan Barista di Lowokwaru

Alfamart Gandeng Leite Coffee

Pelatihan Barista yang digelar Alfamart bersama Leite Coffee, untuk warga warga Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (4/10/2018) malam. (FOTO: Alfamart For CoWasJP)

COWASJP.COM – Memeriahkan Hari Kopi, PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk menggelar Pelatihan Barista Kopi bagi warga Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Malang, Kamis 4 Oktober 2018 malam.

Regional Corcom Manager PT SAT, Mochammad Faruq Asrori mengatakan jika kawasan sekitar Soekarno Hatta merupakan daerah kampus yang tiap malam marak dengan budaya cangkrukan ngopi, baik di cafe-cafe maupun warung kopi kaki lima.

"Hampir di sepanjang trotoar maupun depan ruko banyak orang cangkruk sambil ngopi. Ini peluang bisnis bagi masyarakat sekitarnya," katanya.

Racik Kopi yang Benar

Karena itulah, mantan wartawan ini menyebutkan jika PT SAT selaku pengelola Alfamart ingin membagi ilmu Barista atau bagaimana meracik kopi yang nikmat rasanya dan benar kepada masyarakat Jatimulyo. 

Diharapkan dengan ilmu pengetahuan tersebut bisa dijadikan bekal bagi mereka untuk membuka warung kopi. "Ini cara kami memperingati Hari Kopi, dengan sharing ilmu ke masyarakat. Dengan ilmu itu, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk buka warung kopi. "Atau setidaknya bisa tahu bagaimana membuatkan kopi suaminya agar betah di rumah," kelakarnya.

Pelatihan yang merupakan program CSR Alfamart diikuti puluhan warga, dengan pemateri tim Leite Coffe.

Aditya Ong dari Leite Coffe menjelaskan jika banyak hal yang diberikan dalam pelatihan itu.

Misalnya soal jenis kopi, cara meracik yang benar, manfaat kopi bagi kesehatan, dan lain lain.
Rukmini, salah satu warga mengaku dapat ilmu yang baru. "Selama ini kalau buat kopi ya mencampur kopi dan gula di gelas, lalu dikasih air panas. Ternyata yang benar kopinya dimasak dengan air. Beberapa saat kemudian dituang ke gelas dan baru ditambahkan gula," ungkapnya. (*)

Pewarta : M Faruq Asrori
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda