The Power Of Silaturahim

Denpasar, Banyuwangi, Samarinda: Motivasi Sekitar 2.100 Orang

COWASJP.COM – Minggu lalu rute saya ke Bali dan Jawa Timur. Agenda utamanya adalah sharing Komunikasi dan Motivasi serta silaturahim. Alhamdulillah lancar sekali.

Sedangkan mengawali minggu ini saya ke Samarinda lewat Balikpapan, Kalimantan Timur. Agendanya sama.

IN-HOUSE.jpg

Diawali Selasa siang, 4 September 2018 di resto New Pelabuhan Surabaya. Acaranya penyerahahan hadiah kepada pemenang II, III, dan Harapan lomba menulis Reuni IX dan Ulang Tahun III Cowas JP.  Sponsor utama kegiatan itu adalah pemilik resto Johan Wijaya yang merupakan teman akrab saya. 

Saya hanya sekitar 7 jam di Surabaya. Sempat sekitar sejam silaturahim ke pensiunan Jawa Pos Sudirman di rumahnya. Saat ini Sudirman dan istrinya Sri Atin sedang liburan ke Yogyakarta dan nginap di rumah saya.

dirman1.jpg

Malam itu dengan rasa syukur yg mendalam karena acara di Surabaya sukses, saya melanjutkan perjalan ke Bali. Agenda utama di Pulau Dewata itu adalah sharing Komunikasi dan Motivasi dengan sekitar 600 anggota Bhayangkari dan Polwan Polda Bali.

Ketua Bhayangkari Polda Bali Barbara Golose yg mengundang saya. Acaranya yang dilaksanakan pada Rabu, 5 September 2018 dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-66 dan Ulang Tahun Polwan ke-70. 

POLDA-BALI2.jpg

Kegiatannya yang berlangsung sekitar 4 jam termasuk tanya-jawab dilaksanakan di Polda Bali di Denpasar. Para pesertanya antusias sekali. Meski menjelang acara berakhir listriknya padam, seluruh yang hadir tetap semangat hingga akhir kegiatan.

Saya bisa merasakan kedekatan Barbara yg sangat rendah hati dengan para peserta. Meski beliau istri Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, sama sekali tidak ada jarak dengan jajarannya. Perempuan asal Manado, Sulut yang pernah lama kerja di BRI itu mampu menyesuaikan diri sehingga jajarannya merasa terayomi dan punya Ibu yang akrab dengan mereka.

POLDA-BALI-4.jpg

Tulisan Dahlan Iskan Bekal Sharing di Banyuwangi
Seusai acara, lewat darat naik mobil Toyota Land Cruiser warna hijau DK 777 HI yg dikemudikan Aiptu I Made Pantiasa dan Brigadir Agus Maha, saya diantar ke Banyuwangi. Pemilik mobilnya adalah Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta.

Sebelum menyeberang ke Banyuwangi saya sempatkan silaturahim ke Yudith, Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa, dan Kapolres Jembrana AKBP Budi Pardamean Saragih. Sama Budi, saya diajak ke resto Bidadari Jembrana dan dikenalkan dengan pemiliknya Cipto.

Saat di perjalanan menuju Banyuwangi, Barbara yg selalu ramah pada semua orang lewat WA kirim banyak foto saat sharing ke saya. Disertai pesan, "Selamat malam Bang Aqua. Ijin share foto-foto kegiatan tadi pagi yang alhamdulillah sudah berlangsung lancar. Ibu-Ibu semua penuh antusias mengikuti ceramah dari Abang meskipun sempat mati lampu. Sekali lagi banyak terima kasih Bang untuk kesempatan berbagi dg kami di Bali. Dan juga kami mohon maaf bilamana masih banyak kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan acara tadi ya Bang. Sukses. Selamat dalam perjalanan sampai di Banyuwangi. Jaga kesehatan ya Bang Aqua."

POLDA-BALI.jpg

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 jalan plus mampir2 untuk silaturahim, pukul 00.30 Kamis dinihari saya tiba di hotel Santika Banyuwangi, tempat saya nginap. 

Sambil merespon WA-nya, saya lapor ke Barbara. Beliau menjawab WA saya, "Semangat pagi Bang Aqua. Bukan main fisik dan effort nya. Alhamdulillah puji syukur Abang sudah tiba di Banyuwangi dengan selamat. Semoga acara di Banyuwangi berjalan lancar dan Bang Aqua diberkahi kesehatan dan kebahagiaan selalu oleh Allah Sang Maha Pencipta.
Aamiin.

Barbara yang selalu hangat setiap diajak berkomunikasi itu tidak lupa memberikan bekal buat sharing saya di Banyuwangi yakni tulisan Dahlan Iskan yg berjudul Mari Belajar dari Banyuwangi. Mari Belajar dari Pak Anas.

Bupati Anas Ajak Sama-Sama Belajar
Setelah istirahat sekitar 5 jam, saya siap-siap untuk sharing di Pendopo Kabupaten Banguwangi. Sebelumnya sekitar pukul 06.10 Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas lewat WA menyapa saya, "Sampun di Banyuwangi Pak Aqua? Apa kabar?"

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya yang menyelenggarakan acara di Banyuwangi. Pesertanya sekitar 1.000 orang. Di antaranya dari TNI, Polri, ASN, BUMN termasuk BRI, Pelindo III, dan ASDP.

POLDA-BALI-5.jpg

Anas yang jadwalnya sangat padat sebelum ke Jakarta untuk rapat tentang rencana menjadikan Bandara Blimbingsari Banyuwangi sebagai Bandara Internasional menyempatkan membuka acaranya. "Kegiatan yang mendatangkan motivator kondang sebagai pembicara ini sangat penting. Untuk itu saya minta kepada semua yang hadir agar menyimak seluruh yang disampaikan Pak Aqua. Mari kita sama-sama belajar pada beliau sebagai pakar Komunikasi."

Sharing di Banyuwangi sekitar 3 jam termasuk tanya-jawab. Pesertanya antusias sekali. Itu menunjukkan keinginan mereka yg kuat untuk meningkatkan kinerjanya masing-masing.

Malam ini saya diagendakan sharing Komunikasi dan Motivasi dengan sekitar 500 pegawai BRI Cabang Samarinda I dan keluarganya. Pincanya Reinhard Y. Marpaung yg mengundang saya.

POLDA-BALI-4e7207.jpg

Sebelum ke Samarinda, saya lebih dulu memanfaatkan waktu yg ada untuk silaturahim ke teman2 di Balikpapan. Alhamdulillah sebagian sudah konfirmasi menyampaikan kesediaannya menerima saya.

Sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dalam suasana hujan lebat dan menjelang silaturahim ke Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, saya ucapkan selamat mengoptimalkan semua amanah. Salam hormat buat keluarga ya. 09.00 10 09 2018.

Penulis: DR AQUA Dwipayana, Ahli Komunikasi dan Motivator Nasional.

Pewarta : Aqua Dwipayana
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda