Asian Games 2018

Atlet Jatim Sumbang 11 Emas, Tujuh Perak, 11 Perunggu

Foto: Istimewa

COWASJP.COM – Prestasi kontingen Indonesia menduduki peringkat empat Asian Games 2018, Indonesia yang menjadi tuan rumah meraih 98 medali: 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil ini menjadi pencapaian tertinggi Tim Merah Putih selama ikut serta di Asian Games.

Dari hasil yang didapat kontingen Indonesia ini tidak bisa dilepaskan dari kontribusi atlet-atlet asal Jatim yang total menyumbang 29 medali di ajang multievent terbesar di Benua Asia itu.

Rinciannya, 11 medali emas,  tujuh  perak dan 11 perunggu.

Jika dihitung dari perolehan medali emas Indonesia yaitu 31, maka sekitar 30 persen medali emas Indonesia berasal dari keringat atlet-atlet Jatim.  Sebelas medali emas itu dihasilkan dari nomor perorangan maupun beregu.

BACA JUGA: Sampai Bertemu di Hangzhou 2022​

Untuk perorangan medali emas disumbangkan  Aji Bangkit Pamungkas, Sarah Tria Monita (pencak silat), Eko Yuli Irawan (angkat besi), Rifky Ardiansya Arrosyid, dan Jafro Megawanto (paralayang). Kemudian dari nomor ganda dan beregu ada trio paralayang, Jafro Megawanto, Roni Pratama dan Joni Efendi, Kevin Sanjaya (bulutangkis), Saiful Rijal (sepak takraw), dan pasangan Aldila Sutjiadi-Cristopher Rungkat (tenis).

Satu lagi medali emas diraih trio dayung, Muhad Yakin, Ihram dan Ardi Isadi. Sedangkan medali perak dan perunggu dihasilkan dari beberapa cabang olahraga. Di antaranya, voli pantai, senam, dayung, sepak takraw dan paralayang.

BACA JUGA: Perenang Jepang jadi Atlet Terbaik AG 2018

"Kalau 11 emas dari perolehan 31 emas secara nasional, ya kita bisa membuktikan pada Indonesia dan dunia bahwa Jawa Timur kontribusinya lebih besar," ujar  Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung saat menjemput langsung kedatangan atlet di Bandara Juanda Surabaya.

Perolehan 11 medali emas atlet Jatim di Asian Games sebenarnya membuat KONI Jatim terkejut. Sebab, hitungan awal jumlah medali emas tidak mencapai angka 10 medali emas baik di nomor perorangan maupun beregu bersama atlet daerah lain.

BACA JUGA: Ingin Rasakan Atmosfer sebelum Asian Games Ditutup​

"Sebenarnya, di Asian Games ini kita prediksi atlet Jatim akan dapat sembilan emas. Ternyata bisa meraih 11 medali emas. Ada beberapa yang kita prediksi dapat emas gagal tapi ada yang mengejutkan, " ujar Erlangga.

Salah satu yang mengejutkan adalah medali emas yang diraih Aldila Sutjiadi yang tampil di tenis ganda campuran berpasangan dengan  Christoper Rungkat.  "Perhitungan kita mereka masuk semifinal itu sudah sangat bagus karena track record lawannya lebih baik. Ternyata mereka bisa dapat emas," katanya.

Sementara itu, gagalnya dua atlet panahan, Riau Ega dan Diananda Choirunnisa cukup disayangkan. Sebab, salah satu dari kedua atlet ini diharapkan bisa mendulang emas di ajang bergengsi empat tahun sekali ini.

"Ya memang itu Riau Ega dan Diananda, mereka punya peluang. Hanya saja masalahnya kurang tenang atau anginnya berubah," sesal Erlangga. Namun, keberhasilan atlet Jatim meraih 11 medali emas Asian Games, lanjut  Erlangga, membuktikan jika mereka mampu bersaing di ajang internasional.

"Ini artinya apa yang kita lakukan selama ini on the track di mana basisnya adalah sport science dengan konsep by design. Sehingga, sejak awal para atlet sendiri sudah bisa menilai kemampuannya sendiri," ujarnya. (sam/rak)

Atlet Jatim Peraih Medali Asian Games 2018

Medali Emas

1. Aji Bangkit Pamungkas (Pencak Silat)

2. Sarah Tri Monita (Pencak Silat)

3. Rindi Sufriyanto/Abu Dzar Yulianto (Sport Climbing)

4. Muhad Yakin, Ihram dan Ardi Isadi (dayung delapan orang)

5. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

6. Rifky Ardiansyah Arrosyid (Karate)

7. Aldila Sutjiadi (Tenis ganda campuran)

8. Saiful Rijal (Sepak Takraw/Quadrant)

9. Kevin Sanjaya Sukamulyo (bulutangkis ganda putra)

10. Jafro Megawanto (paralayang)

11. Jafro Megawanto, Roni Pratama, Joni Efendi (paralayang beregu)

Perak

1. Rika Wijayanti (Paralayang)

2. Diananda Choirunnisa (panahan)

3. Kevin Sanjaya (bulutangkis beregu putera)

4. Ihram/Ardi Isadi (dayung kelas ringan empat putra)

5. Mohammad Ashfiya (voli pantai putera).

6. Erwin Monim, David Monim (TBR 1000)

7. Ririn (TBR 200 putri)

Perunggu

1. Riau Ega Agatha (panahan)

2. Rika Wijayanti (paralayang cross country)

3. Wiji Lestari  (BMX)

4. Agus Prayoko (senam)

5. Amri Rusdana (silat)

6.  Erwin Monim, Spendstuber (TBR 500 putra)

7. Jafro Megawanto, Roni Pratama, Joni Efendi (paralayang cross country)

8. Ni Ketut Mahadewi (beregu putri bulutangkis)

9. Rika Wijayanti (paralayang perorangan akurasi)

10. Saiful Rijal (sepak takraw tim putra)

11. Saiful Rijal (sepak takraw double event team)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : radarsurabaya.id

Komentar Anda