Dubes RI Sampaikan Pesan Jokowi untuk Putera Mahkota Saudi, Apa Ya?

Raja Salman dan Putera Mahkota Mohammed bin Salman menyambut para tokoh dari seluruh dunia di Istana Raja Mina Makkah al-Mukarramah. (Foto: Istimewa)

COWASJP.COM – Bertemu langsung dengan Putera Mahkota Kerajaan Saudi tentu satu hal yang istimewa. Dan itu terjadi saat Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menghadiri undangan Khadimul Haramain Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana Raja (al-Qasr al-Malaki), Mina, Mekkah, Selasa (22/8/2018). 

Dalam resepsi terbatas tersebut, Raja Salman yang didampingi oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), mengucapkan selamat datang kepada para tamu Allah yang melaksanakan ibadah haji dan menegaskan bahwa merupakan kehormatan bagi Kerajaan Arab Saudi bisa melayani para tamu-tamu Allah. 

putra-raja1.jpgUndangan Raja Salman untuk Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel

Raja Salman juga menyampaikan pesan kepada pemimpin dunia dan kaum muslimin untuk bersama-sama memerangi terorisme serta mengikis habis paham-paham ekstrimisme yang mengancam peradaban dunia. Raja juga mengajak untuk bersama-sama aktif menebarkan ajaran Islam wasatiy (moderat) yang penuh dengan nilai-nilai tasamuh (toleransi).

Sekitar 700-an undangan hadir dalam acara “Haflat al-Istiqbal as-Sanawi Li Dhuyuf ar-Rahman” (Resepsi Tahunan penyambutan para tamu Allah) yang terdiri dari para Presiden, wakil Presiden, Perdana Menteri, wakil Perdana Menteri, para menteri dan juga tokoh-tokoh dari berbagai negara. 

putra-mahkota.jpg

Dalam kesempatan ramah tamah di jamuan Raja itulah, Duta Besar Agus Maftuh Abegebriel berkesempatan bertemu dengan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi yang juga Menteri Pertahanan Arab Saudi. 

“Di Jamuan Raja tersebut, meja saya hanya berjarak satu meja dengan meja utama Raja dan MBS. Ketika selesai jamuan saya lihat Raja Salman masuk ruangan pribadi, saya langsung menghampiri MBS yang dijaga ketat oleh Royal Guard (Al-Haras al-Malaki, Pasukan Pengawal Raja). Dan alhamdulillah saya dipersilakan bertemu dengan Putra Mahkota,” cerita Agus Maftuh yang memang dikenal dekat dengan para Pangeran Saudi.

Dalam pertemuan yang tidak terduga tersebut, Dubes RI untuk Saudi mengawali pembicaraan dengan menyampaikan salam hangat dan pesan Presiden RI Joko Widodo. Juga rasa terima kasih atas ucapan duka Kerajaan Arab Saudi terkait musibah gempa bumi di Lombok. 

putra-raja.jpgPidato Raja di hadapan para tokoh dunia di Istana Mina Makkah

Dubes RI Juga menyampaikan ucapan terima kasih atas segala fasilitas dan kemudahan untuk jamaah haji Indonesia pada musim haji tahun 2018 yang sukses luar biasa. “Dalam kesempatan waktu yang sangat sempit tersebut, saya juga melakukan konfirmasi terkait rencana kunjungan Putra Mahkota Mohammed bin Salman ke Indonesia," tambah Agus Maftuh.

Apa jawaban MBS? "Beliau menjawab dengan sangat antusias seraya akan menjadwalkan dalam waktu yang terbaik,” papar Dubes RI yang juga dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Di ruangan yang sama, Maftuh Abegebriel juga berkesempatan bertemu dengan Sang Billionare Arab Saudi, Pangeran Waleed bin Talal bin Abdulaziz Al Saud, pemilik Kingdom Tower. Namun, bagi Maftuh Abegebriel, perbincangan dengan Putra Mahkota inilah yang begitu istimewa.  Karena biasanya acara di Istana Raja di Mina di tahun-tahun yang lalu tidak ada kesempatan untuk melakukan perbincangan. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda