Tampil 9 Lagu, Grup Nasida Ria Disambut Antusias Warga Jerman

Grup Kasidah legendaris asal Semarang: Nasida Ria. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – "Banyak yang cinta damai.Tapi perang makin ramai. Bingung-bingung ku memikirnya." Ini adalah penggalan syair lagu yang dinyanyikan grup kasidah legendaris asal Semarang, Nasida Ria saat pentas di Jerman. 

Mereka tampil di acara pentas seni internasional Documenta Fifteen di Friedrichsplatz, Kassel, Jerman, Sabtu (18/6/2022) lalu.

Dalam acara eksibisi seni kontemporer yang digelar lima tahun sekali itu, Nasida Ria tampak mendapatkan antusiasme besar warga setempat.
 
Sorak-sorai para penonton yang hadir terdengar jelas dalam tayangan video yang diunggah oleh akun Instagram resmi Nasida Ria @nasidariasemarang pada Senin (20/6/2022). 

Nasida Ria sukses membawakan sembilan lagu dalam acara tersebut. Antara lain Kota Santri, Dunia dalam Berita, Bom Nuklir, hingga Perdamaian. 

kasidah1.jpgFOTO: istimewa.

Kendati warga setempat tidak familiar dengan genre musik yang dibawakan, mereka sangat mengapresiasinya. 

Penampilan grup yang didirikan oleh alm KH Buchori Mashuri itu bukan kali pertamanya di Jerman. Sebelumnya, Nasida Ria pernah pentas di Recklinghausen dan Mulheim, Jerman pada tahun 1996. 

Nasida Ria adalah sebuah band kasidah modern Indonesia. Band ini merupakan salah satu grup kasidah modern tertua di Indonesia. Band itu dibentuk pada tahun 1975.
 
Grup kasidah tersebut terdiri dari 9 personel wanita asal Semarang, Jawa Tengah. Pada mulanya, Nasida Ria dikelola oleh H Mudrikah Zain, tetapi saat ini dikelola oleh Choliq Zain. 

Dalam unggahan video tersebut banyak warganet yang memberikan pujian atas penampilan mereka di panggung Jerman itu. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda