Piala KASAD Liga Santri PSSI Perdana

Khofifah: Saatnya Bibit Unggul Para Santri Hiasi Sepakbola Indonesia

KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M (kiri) dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membuka Piala KASAD Liga Santri PSSI 2022. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Sejarah sepakbola Indonesia telah membuka arena anyar: Liga Santri PSSI 2022. Kali pertama digelar di Indonesia.  Memperebutkan Piala KASAD dan berskala nasional. 

Kick-off babak penyisihan wilayah kabupaten Senin 20 Juni 2022 dan finalnya Kamis 7 Juli 2022. Diikuti ratusan tim Santri dari berbagai Pondok Pesantren di seluruh Nusantara. Luar biasa. 

Pembukaan turnamen akbar ini dilaksanakan di Stadion Merdeka Jombang, Senin 20/6/2022.

Di acara pembukaan tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis Piala KASAD Liga Santri  PSSI 2022 memperluas peluang bibit muda dari kalangan santri untuk menghiasi sepakbola Indonesia. 

Arena sepakbola anyar berskala nasional ini, kata gubernur, merupakan turnamen khusus pencarian bakat. Yang membidik santri Pondok Pesantren (Ponpes). Khofifah  yakin  bibit unggul atlet sepakbola di kalangan santri cukup banyak. 

"Piala KASAD Liga Santri ini pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Pertama kali pula menggali secara intensif potensi para santri di cabang olaharaga sepakbola," tutur Gubernur Khofifah  saat mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan
Ketua Umum PSSI Muchamad Iriawan. 

Turnamen ini harus dimanfaatkan sebagai ajang pembuktian bagi para santri. Sebab, tidak ada lagi halangan bagi santri untuk meraih impian asalkan dibarengi usaha sungguh-sungguh dan doa.

"Pokoknya, menjadi santri harus punya fighting spirit. Harus punya semangat juang tinggi seperti para pendiri NU yang berjuang luar biasa melalui santri dan pesantren," tegasnya.  

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman menuturkan, Piala KASAD adalah sumbangsih TNI AD kepada bangsa dan negara dalam mencetak generasi muda berkualitas yang menjunjung sportivitas.

"Mendukung negara dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan melakukan kegiatan sepakbola," ungkapnya.  

Dudung menambahkan, Piala KASAD Liga Santri serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Di kabupaten Jombang sebanyak 18 tim Pondok Pesantren (Ponpes) berpartisipasi. Mereka dibagi dalam empat grup di babak penyisihan. 

"Juaranya akan mewakili Kab. Jombang melaju di putaran provinsi," jelas KASAD.
 
Laga finalnya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 22 Oktober 2022. Bertepatan dengan Hari Santri Nasional. 

wasit.jpgMenjelang kick-off laga pembuka. (FOTO: istimewa)

KASAD Jenderal TNI Dudung didampingi Gubernur Khofifah, Pangdam V/Brawijaya,Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KASAD) Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna yang juga Ketua Panitia Penyelenggaraan Liga Santri 2022, dan Ketua Umum PSSI Muchamad Iriawan.  

Pembukaan Piala KASAD
Liga Santri PSSI 2022 ditandai dengan penekanan tombol sirine memeriahkan pelepasan 25 ekor burung merpati oleh santri. Juga 500 balon udara secara bersamaan.

Laga pembuka Liga Santri ini mempertemukan kesebelasan Pondok Pesantren Tebu Ireng versus kesebelasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras. Wasit Faulur Rosy dipercaya memimpin pertandingan perdana. 

Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan telak tim Ponpes Bahrul Ulum 3-0 atas tim Ponpes Tebu Ireng.. 

Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh beberapa atraksi dan hiburan. Antara lain seni Hadrah, Kolone Senapan Kolaborasi TNI-Polri, Drumband Canka Lokananta Taruna AKMIL, Fly Pass pesawat dari Puspenerbal, hingga terjun payung.(*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda