Kepala Dusun di Ngawi Nikah Siri, Dibui

Kasun Kedung Banteng, Ngawi, Jatim, sudah beristeri yang menikahi siri secara akal-akalan gadis usia 16 tahun, dijebloskan di sel Polres Ngawi. (FOTO: Sugeng Harianto/detikJatim)

COWASJP.COMNikah siri Kepala Dusun Kedung Banteng, Ngawi, Jatim, Skt (50) dengan SM (16), heboh. Janji mas kawin mobil Pajero dan rumah, ternyata uang Rp500 ribu. Skt dipolisikan, ditangkap. Tuduhan, menzinahi anak bawah umur.

***

KASUS ini unik. Skt dipolisikan, bukan karena ingkar janji mas kawin. Tidak. Meskipun kenyataannya Skt ingkar. Melainkan, menikahi anak kecil tanpa seizin ortu. Lalu, sembunyi-sembunyi menikah siri.

Kasat Reskrim Polres Ngawi, AKP Toni Hermawan kepada pers, Minggu (12/6/2022) mengatakan:

"Betul. Bahwa ayah kandung anak gadis itu (SM) datang ke Polres Ngawi melaporkan Skt, Kasun Kedung Banteng, atas tuduhan persetubuhan dengan anak di bawah umur."

Polisi kemudian melakukan penyelidikan. Memeriksa saksi-saksi. Ternyata benar. Skt  secara sembunyi-sembunyi menikahi siri SM pada Sabtu, 4 Juni 2022 sore.

Lokasi nikah di rumah teman Skt di Desa Pelanglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. 

Artinya, lokasi nikah bukan di rumah Skt, juga bukan rumah SM. Yang menikahkan mereka, ya... teman Skt pemilik rumah itu. Pensiunan PNS Kementerian Agama Ngawi. 

Tidak ada saksi pihak keluarga mempelai pria atau wanita. Juga tidak ada tetangga dari kedua pihak. Pokoknya sembunyi-sembunyi.

Ternyata, Skt punya isteri. Kini jadi TKW di Taiwan. 

Maka, polisi menangkap Skt. Ditetapkan sebagai tersangka. Dijebloskan ke sel tahanan Polres Ngawi.

Skt dijerat Pasal 81 (2) atau 82 (1) UURI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan PERPU Nomor 1/2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU RI 23/2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang.

AKP Toni Hermawan: "Ancamannya minimal 5 tahun. Maksimal 15 tahun penjara. Mungkin bagi yang merasa jadi korban (lain) kami persilakan melapor."

Kasus ini terungkap bermula dari unggahan Facebook, akun Hartini, ibunda SM. Diunggah di grup Facebook "Info Cepat Ngawi Peduli", pada Jumat, 3 Juni 2022. Atau sehari sebelum pelaksanaan nikah siri Skt-SM.

Isi unggahan: "Ini anak saya mau nikah sama laki-laki yang umurnya sudah 50 tahun. Sedangkan anak saya baru 16 tahun pada bulan 7 nanti. Calonnya kamituwo dung banteng. Mohon solusinya."

Unggahan ini ditanggapi warganet. Komentar sahut-menyahut. Banyak yang menyarankan, agar lapor polisi.

Ternyata, Hartini mukim di Aceh. Dia sudah cerai dengan suami (ayah SM) sejak SM usia dua tahun. Atau, pada 14 tahun silam. 

Kemudian, Hartini dari Ngawi pindah ke Aceh. Sampai kini. Tapi, ia masih rutin komunikasi dengan SM yang tinggal bersama ayah di Ngawi. Tahu perkembangan SM.

Hartini kepada wartawan di Aceh menjelaskan, sejak dua bulan silam SM kenal Skt melalui Facebook. Dari kenal jadi akrab. SM tidak tahu Skt usia 50, atau beda 34 tahun dengan SM. Tapi, SM tahu Skt Kasun Kedung Banteng.

Akhirnya mereka kopi darat. Ketemu. Di situ SM tahu, Skt ketuaan. Skt cerita ke SM, bahwa Skt punya isteri, sudah lama kerja di Taiwan. Skt langsung nembak, mengajak nikah. Dijanjikan mas kawin mobil Pajero dan rumah mewah.

Sejak itu Skt dan SM sering pergi bersama. Lantas, mereka merencanakan nikah siri pada 4 Juni 2022. SCP minta syarat, Skt harus bercerai dengan isteri pertama. Disanggupi Skt.

Ternyata Skt ingkar janji. Tidak menceraikan isterinya yang kerja di Taiwan (inisial Skt). Juga memberi mas kawin Rp500 ribu dan seperangkat alat salat.

kasun1.jpgKasun Kedungbanteng, Ngawi (kanan) yang tega memperdaya dan menzinahi SM yang masih usia 16 tahun.(DESAIN GRAFIS: tribunnews.com)

Maka, di malam pertama SM terpaksa menuruti Skt. Sebab, mereka sudah menikah siri. Esok paginya, Minggu, 5 Juni 2022, meninggalkan SM. Mungkin Skt merasa tidak happy. Dua hari kemudian menjatuhkan talak.

Alasan Skt kepada wartawan di Polres Ngawi, karena ia merasa tidak enak disoroti orang. "Ramai disoroti orang, saya ceraikan lagi," ujarnya.

Kemudian, ayah SM melaporkan Skt ke Polres Ngawi, dengan tuduhan Skt menzinahi anak di bawah umur, SM. Hasil penyelidikan polisi, tuduhan itu terbukti. Ada alat bukti yang cukup, membuat Skt tersangka.

Kesalahan Skt bertumpuk-tumpuk. Sudah beristeri, tanpa izin isteri ia menikah lagi. Janji mobil Pajero dan rumah, ternyata Rp500 ribu. Skt juga tidak minta restu ortu SM. Paling fatal, SM gadis ABG di bawah umur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kabupaten Ngawi, Nugrahaningrum kepada pers mengatakan, pihaknya membantu Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Polres Ngawi, mengusut kasus ini. 

Dia katakan: “Kita lakukan pendampingan kepada korban. Kita juga mendidik anak-anak lain agar tidak jadi korban perzinahan."

SM dengan kondisi ortu bercerai, gampang diperdaya orang. Sering disebut, dari keluarga broken home.

Golongan anak seperti SM itu yang perlu pendampingan. Dia sudah jadi korban sejak usia dua tahun. (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda