80 Kuliner Langka, 40 Stan Kerajinan Ramaikan Pasar Kangen

COWASJP.COM – Yang pernah datang atau tinggal di kota ini pasti punya kenangan tak terlupakan. Ada rindu dan kangen untuk datang kembali atau pulang ke Jogja. Karena Jogja memang "terbuat dari rindu dan kangen." 

Kalimat yang bernada guyon semacam itu seperti menemukan kebenarannya. Banyak yang rindu dan kangen untuk kembali mereguk suasana Jogja yang memang khas.

Nah, untuk "memenuhi" kebutuhan para perindu itu, Pasar Kangen Jogja kembali hadir di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 7 hingga 16 Juli 2018 ini.

Seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, Pasar Kangen Jogja akan menghadirkan jajaran kuliner tempo dulu yang sudah sangat langka dan sulit dicari saat ini.

Tahun ini panitia menghadirkan 80 stan kuliner tradisional serta 40 stan barang kerajinan.

pasarkangen.jpg

Selain pameran kuliner, panitia juga akan menggelar pertunjukan kesenian tradisional yang diikuti oleh 32 kelompok seni. Berbagai kelompok seni dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tampil bergiliran dalam Pasar Kangen ini.

Misalnya pada Sabtu (7/7) mulai pukul 14.00 ada Angguk Dara Jelita dari Joglo Elang, Nitiprayan (Bantul). Ada Gedruk Gandaruwo dari Watu Gilang, Pandak (Bantul). Lalu ada Campursari dari Playen Gunungkidul dan Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (IKPM) se-Indonesia.

Kemudian Hari Minggu (8/7) mulai pukul 13.00 ada Jathilan Kudo Wiromo Putro, Nanggulan (Kulonprogo). Ada Badui MI Al Iman Tambakrejo, Tempel (Sleman). Lalu ada musik Plenthong Kongslet, Banguntapan (Bantul) dan Ketoprak PS Bayu Gito-Gati Sleman.

pasarkagnen1.jpg

Pertunjukan pada Senin (9/7) dimulai pada pukul 14.00 dengan Sendratasik dari ISI Jogja. Dilanjut Wayang Wong Bocah "Kusuma Indria" dari Gedongkiwo, Jogja dan Wayang Kulit Dalang Anak, Aldi dari Kota Jogja.

Hari Selasa (10/7) dimulai pukul 11.00 dengan jathilan Gaung Bawono dari Gunungkidul. Lalu dilanjut jathilan dari Sentolo, Kulonprogo. Jam 14.00 ada Teater Sampakan dari Esemero dan dilanjut penampilan Tim Taman Budaya Banjarmasin.

Jadwal penampilan kesenian ini selalu ada hingga hari terakhir Pasar Kangen 16 Juli 2018. Informasi lebih lanjut bisa mengakses akun Instagram @pasarkangen.

Di Pasar Kangen ini, para pengunjung juga berkesempatan mendapatkan give away berupa voucher kuliner dari panitia.

Acara ini terbuka bagi umum dan gratis, berlangsung dari pukul 11.00 - 22.00 WIB selama hari penyelenggaraan. Bagi yang kangen Jogja, kangen kulinernya, kangen kerajinannya, kangen orang-orangnya, yuk cusssss ke Taman Budaya Yogyakarta yang berada di dekat Pasar Beringharjo. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda