Atraksi Menarik, 100-an Perupa Melukis Bareng di Museum Afandi

Foto-Foto: istimewa

COWASJP.COM – Tak salah jika menyebut Yogya sebagai "Ibukota Seni Rupa Indonesia". Energi kreatif berbasis seni rupa seperti tak ada habisnya. Pameran demi pameran sambung menyambung waktunya. Bazar seni maupun acara melukis bareng on the spot (OTS) juga silih berganti. Dilakukan oleh komunitas-komunitas yang hidup di kota ini.

Salah satu yang cukup besar akan berlangsung 26 Juli hingga 2 Agustus 2018 ini. Seratusan perupa dari sejumlah Kota di Indonesia telah mendaftar mengikuti acara "On The Spirit, Pameran dan Bazar Seni Rupa di Museum Afandi.

"Dari hasil publikasi serta getok tular Sedulur Nyeni ternyata pendaftar lebih dari 100 perupa yg tersebar di seluruh indonesia," ujar Sukoco Hayat dari Bengkel Pelukis Militan Indonesia (BPMI).

BPMI menjadi penggagas kegiatan OTS ini. OTS di Museum Afandi ini sebagai kelanjutan dari sukses menyelenggarakan On The Spot di Omae Kartika di bulan April 2018.

"Dari kegiatan tersebut ternyata Keluarga Besar Mami Kartika sangat mendukung dan menawarkan Museum Afandi Siap menjadi tempat OTS berikutnya," tambah Biyant Subiyanto, personel BPMI lainnya.

Dikatakan, dengan dukungan Presiden Koplak Yos Soesilo, Yosep Wiyono, Keluarga Besar Mami Kartika,  Sahabat Seni Rupa Nasirun dan Sedulur Nyeni di seluruh Indonesia mereka pun siap mengemas acara menjadi "On The Spirit , Bazar dan Pameran Seni".

gambar.jpg

"Kegiatan ini bertujuan memberi spirit kepada perupa agar tetap semangart dalam berkarya," papar Sukoco Hayat dengan menekankan semangatnya dengan huruf ART.

Kegiatan OTS di Museum Afandi ini diharapkan juga memberi ruang bagi perupa pemula untuk siap meneruskan dan mengisi sejarah perjalanan seni rupa indonesia.

"Museum Afandi adalah tempat yang tepat memberi spirit karena di situlah Afandi bertumbuh menjadi Maestro yang Mendunia," tandas Sukoco Hayat.

Sesuai dengan namanya, kegiatan OTS,  BAZAAR dan PAMERAN di Museum Affandi ini setiap hari diisi dengan melukis bersama on the spot. Mulai 26 Juli 2018 On the spot  dan Art Performance oleh BPMI Purworejo.

Kemudian pada 27 Juli 2018 on the spot dan body painting oleh Cubung W. Lalu tanggal 28 Juli 2018, on the spot dengan model. Juga ada sarasehan dengan pemantik diskusi Josep Wiyono dan Nasirun. "Mulai 28 Juli hingga 2 Agustus ini digelar pameran dan bazar," kata Sukoco.

gambar1.jpg

Selain yang sudah terdaftar, mereka yang ingin mengikuti on the spot bisa langsung datang ke lokasi. Untuk gambar model boleh menggunakan media pensil (skecth). "Alat dan bahan bawa sendiri. Hasil on the spot langsung dipamerkan dan diikutkan bazaar," tandas Sukoco Hayat. 

Aksi para perupa ini bisa menjadi atraksi menarik. Dan hasil karya mereka bisa pula menjadi cenderamata atau oleh-oleh khas dari Yogya. Ada baiknya Anda agendakan berkunjung ke Yogya pada tanggal 26 Agustus hingga 2 Agustus itu jika ingin mendapatkan kesan tersendiri dari Pesona Jogja. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda