Angguk dan Nglinggo Masuk Nominasi API 2018, Buktikan Keindahannya

COWASJP.COM – Kulonprogo menggeliat. Kabupaten di sisi Barat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini terus menunjukkan potensi wisatanya. Dua potensi wisata alam dan budaya yang berada di "Calon Pintu Gerbang Pariwisata" DIY-Jateng dengan bandara baru ini, masuk nominasi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Satu potensi budaya berupa Tari Tradisional khas Kulonprogo, yakni Tari Angguk, masuk nominasi untuk kategori Atraksi Budaya Terpopuler. Sedangkan satunya lagi, destinasi wisata alam yang ngehits di Kulonprogo, Nglinggo, masuk nominasi sebagai Ekowisata Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Tari Angguk menceritakan kisah tentang Umarmoyo-Umarmadi dan Wong Agung Jayengrono dalam Serat Ambiyo. Tarian ini dimainkan secara berkelompok oleh 15 penari wanita yang berkostum menyerupai serdadu Belanda. Kostum mereka dihiasi gombyok barang emas, sampang, sampur, topi pet warna hitam, dan kaus kaki warna merah atau kuning dan mengenakan kacamata hitam.

Pada mulanya Tari Angguk adalah tari permainan atau hiburan yang biasa dimainkan oleh muda- mudi. Namun dalam perkembangannya Tari Angguk mulai disisipin hal-hal mistis. Tarian ini biasanya dimainkan selama durasi 3 hingga 7 jam. 

kebun-teh.jpg

Sedangkan Nglinggo merupakan kebun teh yang berada di ketinggian Menoreh. Dari puncak Nglinggo, pengunjung bisa menunggu sunset atau sunrise sembari menikmati suguhan teh. Di kebun teh ini ada Bukit (Ng)Isis dengan sejumlah spot selfie. Saat cuaca cerah, dari bukit ini, Candi Borobudur pun kelihatan cantik.

Kebun Teh Nglinggo dapat dijadikan pilihan untuk berlibur dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Kebun teh yang terletak di dusun Nglinggo, Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta ini berada di ketinggian 900 – 1000 mdpl.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, anda harus menempuh jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Yogyakarta dengan medan menanjak. Rute jalan yang ditempuh dari pusat kota Yogyakarta yaitu Tugu – Ringroad Barat – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Kali Progo – Perempatan Kenteng. 

tari-anggruk.jpg

Di Perempatan Kenteng anda akan menemui lampu merah ambil arah ke kanan hingga menemui Perempatan Dekso kemudian ambil jalan ke arah kiri dan ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Pertigaan Pasar Plono. Dari Pasar Plono ikuti papan petunjuk arah menuju Kebun Teh Nglinggo.

Selain kebun teh ada pula air terjun dan Jeep Wisata Adventure. Jip ini banyak disukai oleh para tamu mancanegara. Biasanya mereka memesan paket wisata dengan menginap di homestay yang ada di Desa Wisata Nglinggo ini.

Salah satu homestay yang disuka tamu adalah Rimbono Homestay. Bangunan rumah dari kayu, dengan suasana natural membuat para wisatawan kerasan. 

Liburan kali ini Anda bisa membuktikan keindahan Tari Angguk maupun pesona alam Nglinggo. Silakan agendakan berkunjung ke Kulonprogo. Selain dua pesona itu, masih banyak pesona lain yang sangat rekomended. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda