8 Destinasi di Medan yang Asyik Dikunjungi saat Lebaran

Istana Maemun (Foto-Foto: Istimewa)

COWASJP.COM – Lebaran hampir tiba. Saatnya menyusun daftar kerabat yang akan dikunjungi untuk bersilaturahmi. Jangan lupa pula menyusun daftar tempat wisata yang harus didatangi bersama kerabat dan keluarga.

Bagi Anda yang merayakan Lebaran di Medan, Sumatera Utara, jangan takut tidak menemukan destinasi asyik. Medan punya segalanya. Ada destinasi alam, religi, budaya, hingga yang kekinian alias zaman now.

Berikut ini delapan destinasi di Medan yang harus Anda kunjungi saat libur Lebaran nanti.

1. Istana Maimun
Ini adalah objek wisata yang sudah menjadi kebanggaan Medan. Lokasinya di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja. Istana Maimun didesain oleh arsitek dari Italia dan dibangun oleh Sultan Deli Sultan Mahmud Al Rasyid.

Istana itu dibangun sejak 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Bangunan itu memiliki luas 2.772 meter persegi dan mempunyai 30 ruangan.

Istana Maimun terdiri dari dua lantai dan memiliki tiga bagian, yakni bangunan induk, sayap kiri, dan sayap kanan.

Selain karena usianya yang tua, Istana Maimun juga menjadi tujuan wisatawan lantaran interiornya unik. Bangunan itu memadukan unsur warisan kebudayaan Melayu, gaya Islam, Spanyol, India, dan Italia.

2. Tjong A Fie
Medan memang kaya akan bangunan tua bernilai sejarah. Selain Istana Maimun, ada pula Tjong A Fie yang berlokas di Jalan Ahmad Yani. Nama Tjong A Fie diambil dari perantau asal Provinsi Guangdong, Tiongkok, yang berakhir di Medan.

tjong-afe.jpg

Tjong A Fie terdiri dari dua lantai. Bangunan itu berdiri sejak 1900. Gerbang dilengkapi atap kecil khas rumah di Tiongkok. Pada dinding bagian kanan dipenuhi foto Tjong A Fie saat muda.

Ada pula foto Tjong A Fie bersama istri dan anak-anaknya. Semua ruang tertata rapi dan terawat. Tidak semuanya khas Tiongkok. Beberapa bagian dimunculkan dengan gaya arsitektur Melayu atau Eropa.

3. Kuil Shri Mariamman
Satu lagi bangunan bersejarah di Medan yang harus masuk daftar kunjungan. Kuil Shri Mariamman merupakan kuil Hindu tertua di Medan. Lokasinya di Kampung Keling. Kuil itu dibangun pada 1881.

kuil.jpg

Pintu gerbang dihiasi sebuah gopuram. Itu adalah menara bertingkat yang gampang ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu di India.

4. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
Anda yang ingin mengetahui berbagai hal tentang satwa bisa datang ke museum ini. Untuk pergi ke museum ini juga mudah. Langkahkan kaki Anda ke Jalan Letjend Jamin Ginting, Petisah Hulu.

Ini merupakan museum satwa liar pertama di Asia Tenggara bahkan dunia yang terlengkap.

museum.jpg

Pemilik museum ini adalah Rahmat Shah yang merupakan pengusaha sekaligus ayah aktris cantik Raline Shah. Di sana Anda bisa melihat berbagai jenis satwa yang sudah diawetkan.

Pengunjung juga bisa melihat sekitar 5.600 speciment dari yang kecil hingga besar.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery juga dilengkapi perpustakaan , toko suvenir, hunters cafe dengan audio visual tentang perburuan konservasi, dan studio foto.

5. Upside Down World Medan
Upside Down World Medan merupakan salah satu destinasi zaman now yang menjadi buruan wisatawan. Sesuai namanya, Upside Down World Medan yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim itu menawarkan sesuatu yang terbalik.

upside.jpg

Begitu masuk Anda akan melihat berbagai barang yang terbalik seperti kursi, meja, dan pintu. Upside Down World Medan tidak hanya menawarkan satu tema, tetapi sepuluh.

Setiap ruangan didekorasi dengan tema berbeda. Tempatnya Instagrammable banget dan tidak membosankan. Anda bisa memuaskan hobi berswafoto di tempat ini.
 
6. Kebun Binatang Medan
Bagi Anda yang ingin melihat hewan dan merasakan kesejukan, silakan ke Kebun Binatang Medan. Lokasinya di Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan.

kebun-binatang.jpg

Kebun binatang itu berada sekitar sepuluh kilometer dari pusat kota. Ada banyak hewan di kebun binatang yang memiliki luas 30 hektare itu. Anda bisa melihat hewan tropis hingga mamalia. Kebun binatang buka pada pukul 09:00 WIB dan tutup pada 17:00 WIB.

7. Masjid Raya Al Mashun
Masjid ini sudah menjadi lambang Kota Medan. Masjid Raya Al Mashun disebut-sebut sebagai yang terindah di Sumatera Utara. Masjid ini dibangun oleh Sultan Makmun Al Rasyid pada 1906 dan selesai tiga tahun berselang.

masjid.jpg

Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. Masjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli (Kota Medan).

8. Museum Uang
Museum ini berada di Jalan Pemuda. Museum Uang diresmikan pada Mei 2017 lalu. Ini merupakan museum uang pertama di Sumatera. Di sana, Anda bisa mengetahui mata uang yang digunakan masyarakat pada revolusi Sumatera Utara.

museum-uang.jpg

Uang yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat juga memiliki arti tertentu. Selain sebagai alat tukar, juga kode untuk memasuki suatu daerah. Beberapa jenis uang yang tersedia dalam museum uang Sumatera adalah uang Banten, Bukit Tinggi, Palembang, dan Jambi.

Ada pula mesin pencetak dan pemotong uang pada zaman tersebut. Museum ini terdiri dari dua lantai. Di lantai satu ada uang kertas rupiah. Di lantai dua ada bermacam uang logam. Bahkan ada pula uang yang terbuat dari emas asli. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda