Rilis DBL Indonesia

Selangkah Menuju Amerika, Honda DBL Camp 2022 Diikuti 234 Campers

Suasana pembukaan Honda DBL Camp 2022 di Atri Pakuwon Mall Surabaya. (FOTO: DBL Indonesia)

COWASJP.COM – SURABAYA, 11 Mei 2022. Pelatihan basket pelajar terbaik dan terbesar di tanah air, Honda DBL Camp 2022 resmi dimulai Rabu (11/5). Berlangsung  hingga 15 Mei mendatang.

Bertempat di fasilitas DBL Academy dan atrium Pakuwon Mall Surabaya. Diikuti sebanyak 234 student-athlete pilihan, serta 52 pelatih terbaik se Indonesia. 

Selama lima hari para campers (sebutan bagi peserta Honda DBL Camp) akan belajar, berlatih dan bersaing. Bekerja keras mengerahkan kemampuan terbaik. 

Butuh selangkah lagi, mereka bisa terpilih sebagai anggota tim dan pelatih Honda DBL Indonesia All-Star 2022. Tim elite yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri, serta empat pelatih yang bakal belajar dan bertanding ke Amerika Serikat pada Juli mendatang.

Serangkaian agenda pelatihan telah disiapkan untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan basket lebih mendalam para campers. Dilatih oleh para pelatih top. Dipimpin langsung oleh legenda basket Australia Andrew Vlahov serta Shane Froling dari World Basketball Academy (WBA) Australia.  

DBL Indonesia selaku penyelenggara kali ini juga menghadirkan seorang guest coach. Dia adalah Anthony Garbelotto, pelatih asal Inggris yang menakhodai NSH Mountain Gold Timika pada IBL musim lalu. 

Ketiga pelatih top itu sudah tiba di Surabaya sejak Selasa (10/5). Mereka akan berkolaborasi dengan tim pelatih dari DBL Academy, satu-satunya akademi basket profesional berstandar internasional di Indonesia. Serta didukung pula oleh empat alumni DBL All-Star yang akan berperan sebagai interpreter. 

CEO dan Founder DBL Indonesia Azrul Ananda mengaku lega sekaligus bangga. Karena kegiatan Honda DBL Camp yang rutin digelar sejak 2008 ini akhirnya bisa terselenggara kembali. 

"Setelah terpaksa tidak terselenggara akibat pandemi Covid-19. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Astra Honda Motor (AHM) yang terus setia mendukung kegiatan ini. Para partner, pemerintah pusat dan daerah, serta seluruh pihak lainnya yang terlibat," ungkapnya saat membuka rangkaian Honda DBL Camp 2022, Rabu (11/5).  

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih juga menyempatkan hadir untuk melihat langsung dan memberi sambutan kepada para campers.   Termasuk Andika Sabmarin selaku Brand Activation Department AHM, Suhari dari MPM Distributor Honda, Stefanus Bagus dari Traveloka, Thomas More Suharto dari Proteam, Sudianto Lie dari Ardiles, Yessy Febriana dari National Hospital, serta Evi Ekawati selaku Ketum Pengprov Perbasi Jatim.

Sebagai induk organisasi basket di tanah air, PP Perbasi sangat mendukung dan berterima kasih kepada DBL Indonesia dan para partner karena secara konsisten selama belasan tahun menggelar kompetisi dan camp basket yang begitu rapi, sistematis, dan besar seperti Honda DBL Camp ini. 

"Setiap tahunnya, kami sangat terbantu dalam mencari bibit-bibit muda potesial buat kebutuhan Timnas," ujar  Danny Kosasih.

Ke-234 campers serta 52 pelatih yang ikut serta pada Honda DBL Camp 2022 ini adalah mereka yang terpilih dari gelaran Honda DBL musim 2021-2022 di 22 kota dari 22 provinsi di tanah air. Bergulir secara maraton sejak Februari 2021 hingga Maret 2022 kemarin. 

Serangkaian agenda padat telah menanti para campers. Setelah tiba di Surabaya, mereka harus melakoni serangkaian kegiatan wajib. Seperti measurement test, yakni pencatatan data vertical jump, lebar jari tangan, lebar jangkauan tangan, serta tinggi dan berat badan. 

Selanjutnya, seluruh campers juga wajib menjalani medical check-up yang dilakukan oleh tenaga medis dari National Hospital. Di tahap ini, kesehatan maupun keluhan yang dialami oleh campers jadi poin utama yang diperiksa. 

Mulai dari vital sign seperti tekanan darah, frekuensi napas, denyut nadi per menit, hingga pemeriksaan mendalam.

Pada hari pertama, seluruh campers memulai perjuangan mereka dengan melakoni agenda padat seperti beep test. Ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan ketahanan fisik maksimal masing-masing campers. Serta skill challenge, untuk mengukur fundamental basket mereka. Seperti dribbling, passing, serta shooting.

Memasuki hari kedua hingga hari kelima, para campers akan digembleng dengan berbagai materi latihan, diantaranya game development. Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bermain, serta memahami konsep offensive dan defensive yang variatif. Termasuk scrimmage game. 

Selama lima hari ke depan, para campers akan saling bersaing melalui tahapan pemilihan yang sangat selektif dan kompetitif, mulai dari Top 50, lalu Top 24. 

Bagi campers yang tersisih dari dua tahapan itu, masih  berkesempatan mendapatkan wild card, dan berpeluang terpilih sebagai 10 pemain dan 2 pelatih terbaik masing-masing untuk tim putra dan putri untuk menyandang sebagai anggota Honda DBL All-Star 2022. (*)

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda