Lava Bantal Masuk Nominasi Tujuan Wisata Baru Terpopuler APi 2018

Lava Bantal Masuk Nominasi Tujuan Wisata Baru Terpopuler APi 2018. (Foto: Istimewa)

COWASJP.COMSLEMAN - Popularitas destinasi wisata dapat didongkrak melalui beberapa cara. Salah satunya melalui media sosial. Cara yang biasa digunakan antara lain melalui foto-foto indah di akun Instagram, review singkat melalui twitter atau blogging, atau video keindahan dan keseruan di destinasi melalui vlog. Ini ranah para pegiat wisata di Generasi Pesona Indonesia (Genpi). 

Cara lain yang mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini adalah melalui polling via SMS ataupun website. Ini biasa dilakukan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API). 

​Tahun 2017 yang lalu, Tamanan Tebing Breksi menjadi Tujuan Wisata Baru Terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia. Mengalahkan 9 destinasi lain seperti Pulau Kumala (Kutai Kertanegara), Skywalk (Bandung), Danau Ugo (Batanghari), dan Kawasan Pura Batu Kursi (Buleleng). 

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuih masyarakat dalam memopulerkan destinasi tersebut. Hasil polling menunjukkan Tamanan Tebing Breksi didukung 32,5 persen dari 213.820 voter yang tersebar di seluruh Indonesia.

​Tahun 2018 API digelar lagi. Kali ini, giliran Lava Bantal terpilih menjadi nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia untuk kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Selain Lava Bantal, terdapat beberapa nama destinasi yang masuk dalam kategori ini seperti Bukit Jamur (Gresik), Gampong Nusa (Aceh Besar), dan Geopark Ciletuh (Sukabumi). Selain itu terdapat nama  Kampung Terih (Batam), Pulau Baer (Tual), Pulau Cinta (Boalemo), Pulau Labengki (Konawe Utara), Teluk Jering (Kampar), dan Umbul Ponggok (Klaten).

79a7c9fb-55b3-48c3-af71-f0f3c405082d.jpg

​Kesepuluh destinasi tersebut akan dinilai oleh masyarakat melalui pemungutan suara (voting) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni 2018 sampai dengan 31 Oktober 2018 mendatang.

Pemungutan suara ini dapat dilakukan melalui SMS ke nomor 99386 dengan keyword API (spasi) 17E, atau mengungguh aplikasi API di Google Playstore atau App Store.  Seperti halnya dengan pelaksanaan Anugerah Pesona Indonesia pada tahun sebelumnya, pemenang akan diumumkan pada malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2018 yang akan digelar pada November 2018.

"​Terdapat beberapa upaya yang akan dilakukan Dinas Pariwisata Sleman dalam memastikan Lava Bantal menjadi pemenang dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018. Di antaranya adalah promosi secara masif dan terarah pada destinasi, sehingga lebih dikenal khalayak, dan sosialisasi melalui event/kegiatan yang dilaksanakan selama periode voting," tegas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten  Sleman Sudarningsih, Rabu (30/5).

Sudarningsih pun mengajak para traveler dan masyarakat DIY mendukung Lava Banyak. "Mari kita sukseskan Lava Bantal menjadi tujuan wisata baru terpopuler dengan mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya ke 99386 dengan ketik API (spasi) 17E, mulai 1 Juni 2018 mendatang," tambah Sudarningsih. 

Lava Bantal adalah kawasan geoheritage yang berada di Berbah, Sleman.  Dinamai Lava Bantal karena bentuk bebatuannya mirip bantal. Batuan ini terjadi akibat lelehan lava erupsi gunung berapi yang bersentuhan langsung dengan air laut. 

Bertemunya lava dengan air itu menyebabkan bentukan mineralnya tidak terpilah dengan baik, melainkan berbentuk geometri mirip bantal.

Pengunjung dimanjakan dengan pemandangan sungai dengan bebatuan besar di kedua sisinya. Air yang jernih mengalir diantara bebatuan terlihat menggoda untuk sekedar mencelupkan kaki merasakan kesegarannya. 

Sekilas, lava bantal mengingatkan pada sungai yang ada di pegunungan yang khas dengan bebatuan besar dan airnya yang masih jernih.

Selain pemandangan sungai yang cantik, di sekitar lokasi juga terdapat padang rumput luas yang biasa digunakan penduduk sekitar untuk menggembalakan ternak. 

Sejumlah fasilitas pendukung sudah dibangun. Seperti joglo pertemuan,  gazebo, ikon signage Lava Bantal maupun atraksi tubing.  

Lava Bantal terletak tidak jauh dari Bandara Adisucipto.  Hanya sekitar 5 kilometer. Akses ke lokasi pun sangat mudah. Saat liburan lebaran, Lava Bantal bisa jadi agenda untuk Anda datangi. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda