Setahun GenPI Jogja Dirayakan di Pasar Banyunibo

COWASJP.COM – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja genap berusia satu tahun pada 24 Mei 2018 ini. Untuk merayakannya anggota komunitas anak muda yang social media minded ini berkumpul di Pasar Banyunibo. Pasar Banyunibo merupakan salah satu destinasi digital yang diinisiasi oleh GenPI Jogja.

Sejumlah kegiatan mereka rancang dalam HUT pertama GenPI Jogja ini. Baik yang offline maupun  yang online. Yang offline dipusatkan di Pasar Banyunibo. Untuk yang online mereka mengusung hastag/tagar #SetahunGenPIJogjaMakinJaya di media sosial. Dalam beberapa saat #SetahunGenPiJogjaMakinJaya nangkring di papan atas trending topic Indonesia.

genpi2---erwanea7af.jpg

Sekilas mengenai kelahiran GenPI Jogja. Waktu itu, 24 Mei 2017, sekitar 50 orang dari komunitas netizen Jogja di antaranya @jogjaupdate @travellerkaskus @malamuseum @kulinerjogja @jogjainfo berkumpul di Omah Kecebong Jogja. Mereka sepakat menjadi motor penggerak dalam mempromosikan events dan destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara massif, agar tersebar dan terbaca oleh penduduk dunia maya. 

BACA JUGA:  GenPI Jogja Lahir, Siap Promosikan Pariwisata DIY

Setahun kemudian, tanggal 24 Mei 2018, @pasarbanyunibo mendapat kehormatan sebagai pengampu hajat perayaan HUT @genpijogja. Hal ini menjadi bukti kesiapan @pasarbanyunibo sebagai Destinasi Digital yang mumpuni.

genpi1-erwana62db.jpg

@genpijogja memiliki lebih dari 400 anggota yang terdaftar di web resmi genpi, genpi.co. Tidak hanya warga sosial media biasa, anggota @genpijogja juga pencipta konten yang luar biasa. Terbukti dengan terlahirnya 8 embrio Pasar Destinasi Digital di Jogja.

Pasar Destinasi Digital merupakan pasar tradisional yang kekinian. Mengangkat seni, budaya dan kuliner setempat untuk dapat dinikmati ala zaman now. 

Saat perayaan satu tahun GenPI Jogja di Pasar Banyunibo juga akan digelar pameran environmental art dari Wisnu Ajitama. Subkarya dari Wisnu Ajitama dipamerkan di @PasarBanyunibo mulai tanggal 24 Mei – 10 Juni 2018. Sebuah karya seni lingkungan yang dipajang di area alam dengan lanskap alam yang indah.

makanan1.jpg

Kegiatan lain yang bisa dinikmati sambil Ngabuburit di Pasar Banyunibo antara lain workshop penulisan lagu, stand up comedy, pertunjukan tari tradisional maupun kontemporer, dan pameran kerajinan kulit.

@pasarbanyunibo ini berada di kawasan Candi Banyunibo, sebelah selatan Candi Ratu Boko. Candi Banyunibo sendiri dibangun pada sekitar abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Secara administratif, @pasarbanyunibo maupun Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, D.I.Y. Tepatnya di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah Wonosari.

candi1.jpg

@pasarbanyunibo hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Dengan akses yang mudah, tak perlu khawatir untuk mengajak keluarga, ramai-ramai berkunjung ke Pasar Banyunibo. Sebab, mobil pun akan bisa lewat dengan lancar sampai di lokasi.

Di sini tersedia berbagai kuliner khas Banyunibo, kesenian dan juga edukasi sejarah yang sayang dilewatkan. Ada pula wahana jeep dari komunitas jeep, Shiva Plateau, yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling kawasan candi. NgabubuTrip, Ngabuburit sambil Nge-trip Keliling Candi. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda