Kasatkornas dan Kasatkorwil Sidak Posko Mudik Persaudaraan

Suasana di Posko Mudik Persaudaraan GP Ansor PAC Salam, Magelang. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Hasan Basri Sagala -- yang akrab disapa HBS -- melakukan sidak (inspeksi mendadak, red) ke Posko Mudik Persaudaraan Satkorcab Banser Jakarta Barat (Jakbar). Di jalan Daan Mogot KM.17. Tepat di seberang Mapolsek Kalideres, pukul 15.30 Sabtu 30/04/2022.

Hal yang sama dilakukan oleh Kasatkorwil yang daerahnya ketempatan Pos Mudik. Di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogjakarta, Jawa Timur, Bali, Lampung dan sebagainya. 

Sebelumnya HBS sholat Ashar dulu di Masjid An-Nahdloh tak jauh dari posko dan bersilaturahmi dengan Rois Syuriah PCNU Jakarta Barat, KH Ahmad Suaedy. Di kediamannya di samping masjid.

Dalam sidak kali ini HBS disambut oleh Kasatkorcab Banser Jakbar Nurzaman Sidiq, Kasetma Banser Jakbar Ardi dan sejumlah anggota Banser lainnya.

Selain meninjau kesiagaan personil yang bertugas, HBS juga mengamati kesiapan fasilitas yang disiapkan untuk melayani pemudik dan masyarakat. 

Ruang istirahat, layanan kesehatan, dan fasilitas charge ponsel tak luput dari pengamatannya.

“Terlihat di sini lalu lintas sudah mulai padat. Pelayanan fasilitas kepada para pemudik juga baik. Hal ini semata-mata dilandasi khidmah kita kepada Ansor”, jelas HBS. Dia berharap kepada wilayah lain yang belum mendirikan Posko bisa mewujudkan hal yang sama.

“Pendirian Posko Mudik Persaudaraan 2022 merupakan wujud kepedulian Banser terhadap masyarakat. Terutama pemudik yang umumnya membutuhkan fasilitas dan layanan selama menunggu keberangkatan ke kampung halaman. Memberikan rasa aman terutama di malam hari yang mungkin rawan tindak kejahatan. Bersinergi dengan Polri, terutama Polres Metro Jakbar dan Polsek Metro Kalideres. Alhamdulillah Posko Mudik Banser Jakbar ini telah berjalan rutin sejak tahun 2016 lalu”, urai Ridwan Mahmudi, Biro Giat Satkorcab Banser Jakbar. 

POSKO MUDIK GP ANSOR DI MAGELANG

Posko Mudik Lebaran GP Ansor juga menjadi layanan buat pemudik dan ajang silaturahim relawan Lintas Agama.

 Misalnya di Posko Mudik Persaudaraan di Jalan Magelang Km 21 Pulsari Salam Magelang.

Sabtu 30 April 2022, seperti biasa Posko tersebut menjalankan aktifitas layanan bagi para pemudik dan pengguna jalan yang masuk wilayah Kabupaten Magelang. Baik dari arah Yogyakarta ke Magelang atau sebaliknya. 

Di tengah - tengah aktifitas seperti biasa, tanpa persiapan khusus dikunjungi oleh Romo Gereja Theresia Salam dan relawan SCC. 

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Romo Santo. Beliau adalah Romo di Gereja Theresia. Romo Santo bersama rombongan berjumlah 10 orang, terpanggil mengunjungi Posko Mudik Perrsaudaraan GP Ansor karena melihat aktifitas yang tidak pernah berhenti dalam 24 jam mulai tanggal 25 April. 

Romo kagum melihat semangat dan kerelawanan Ansor - Banser di Posko Mudik di halaman Kantor MWCNU Salam.

Semangat tersebut mendorong Romo dan rombongannya untuk bergabung dengan personel Ansor - Banser di Posko tersebut. Relawan SCC Gereja Theresia terlihat sangat bersemangat menciptakan suasana aman dan nyaman bagi pemudik. Ikut membantu kelancaran lalu lintas di Jalan Magelang, yang masuk wilayah Kabupaten Magelang sebagai jalan nasional.  

ansor-yar.jpg1.jpgLaskar Ansor dan Banser dikunjungi Romo Santo dan rombongan. (FOTO; istimewa)

Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Salam, Deby, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Romo Santo dan rombongan "sonjo" (berkunjung) ke Posko Mudik GP Ansor. 

Suasana persaudaraan dan keterlibatan relawan Gereja Theresia menjadi bukti jalinan sosial antar elemen pemuda tetap terjalin. Di berbagai momentum kegiatan sosial dan keagamaan. Hal ini adalah nilai dasar bangsa dalam realitas kemajemukan di Indonesia.

Kasatkoryon Banser Kec. Salam, Arief mengatakan aktifitas posko mudik persaudaraan ini berjalan mulai 25 April sampai H+ 5 Lebaran. Fokus layanan posko adalah memberi layanan bagi pemudik dan pengguna jalan yang melewati depan posko. 

Layanan yang disediakan adalah tempat istirahat dan informasi serta penciptaan kelancaran lalu lintas. "Di dalam posko juga disediakan menu berbuka puasa dan saur gratis, fasilitas tempat ibadah, dan MCK," kata Arif.

Jajaran Pengurus Tafidliyah dan Syuriah MWCNU Salam dipimpin Ketua Tanfidliyah KH Ujang Sehabudin dan Rois Syuriah KH Khabibullah juga mengunjungi Posko Mudik Persaudaraan. 

"Layanan yang dilakukan posko menginspirasi kepeloporan pemuda dalam beragama, bersosial dan berbangsa. Menjadi media kebersamaan lintas elemen kepemudaan," ucap KH Ujang Sehabudin.

Ketua PC Ansor Kabupaten Magelang, Mohamad Arif Solihan bersama rombongan juga silaturahim ke posko bersama jajaran PC Ansor yang lain. 

"Komitmen kebersamaan menjadi motivasi Ansor dalam berbagai   kegiatan. Hal ini menjadi perwujudan dari konsep wasatiyyah yang menjadi prinsip organisasi dalam bergerak dan berhidmah ke masyarakat dan negara," katanya.

"GP Ansor di Kabupaten Magelang mendirikan 6 Posko. Yaitu di Kecamatan Kajoran, Salaman, Tempuran, Muntilan, Salam dan Kec. Ngluwar. Dengan fasilitas layanan yang sama," tambah Mohamad Arif Solihan.(*

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda