Pasar Digital Cikundul, Cocok untuk Liburan di Sukabumi

COWASJP.COM – Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), memiliki destinasi wisata baru. Namanya Pasar Digital Cikundul. Lokasinya di Kecamatan Lembursitu. Pasar Digital Cikundul dikembangkan bersama dengan beberapa komunitas seperti Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi Thommy Ardhian mengatakan, pamor Pasar Digital Cikundul diangkat melalui online dan offline.

Untuk cara online, pihaknya memopulerkan Pasar Digital Cikundul melalui media sosial (medsos) seperti Instagram. Saat ini, foto-foto tentang pasar digital itu sudah bertebaran di berbagai akun Instagram.

Dalam akun Instagram resmi Pasar Digital Cikundul terlihat keseruan pengunjung yang menghabiskan waktu di tempat itu. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat menikmati momen di pasar digital itu.

pasargigital1.jpg

Ada pengunjung yang berpose sedang memancing. Ada turis wanita yang sedang bernyanyi sembari diiringi petikan gitar dari warga lokal. Ada pula pengunjung yang sedang memanah.
 
Untuk cara offline, Disporapar dan GenPI menyuguhkan berbagai hal yang berkaitan dengan Sukabumi. Mulai kuliner, kerajinan khas, hingga kesenian daerah. Dalam salah satu foto di akun Instagram Pasar Digital Cikundul terlihat beberapa bocah yang sedang menunjukkan kebolehannya memeragakan pencak silat.

Thommy menjelaskan, kuliner yang disuguhkan bercita rasa lokal. Misalnya, laksa, lotek, bajigur, dan bandrek.

pasardigital2.jpg

“Kawasan wisata itu diangkat melalui media digital atau online maupun offline sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas,” terang Thommy.

Dia menambahkan, pasar kuliner dan kerajinan di Cikundul digelar setiap akhir pekan mulai pukul 06:00 hingga 12:00 WIB. Sambutan masyarakat pun sangat bagus. Ratusan warga selalu berbondong-bondong mendatangi pasar itu setiap akhir pekan.

“Pasar digital ini telah mendapatkan perhatian dari Kementerian Pariwisata,” kata Thommy.

pasar-digital3.jpg

Thommy menjelaskan, kawasan Cikundul masuk Kawasan Strategis Destinasi Pariwisata (KSDP) Sukabumi. Lebih tepatnya masuk KSDP zona tiga yang meliputi kawasan agroeduwisata dan permandian air panas Cikundul.

Thommy menerangkan, ada dua kawasan wisata lainny, yakni zona satu dan dua. KSDP zona satu meliputi kawasan Jalan Siliwangi, Jalan Ir H Djuanda, dan Jalan Suryakencana. Zona ini mengedepankan potensi wisata kreatif seperti kuliner dan fashion.

pasardigital4.jpg

Sementara itu, zona dua menonjolkan wisata kreatif, dan cagar budaya karena terdapat banyak kuliner, fashion, dan bangunan bersejarah. Kawasan itu berada di Jalan Kaswari, Jalan Kenari, dan Jalan Bhayangkara. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda