Nenek Jumanti, Memang Istimewa

nenek Jumanti binti Bejo Nurhadi alias Qibtiyah, WNI asal Jember (kanan) didampingi Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel (Foto: Istimewa)

COWASJP.COM – Tanggal 13 Mei 2018, boleh jadi menjadi hari bersejarah bagi nenek Jumanti binti Bejo Nurhadi alias Qibtiyah, WNI asal Jember. Setelah hampir 30 tahun mengembara di Arab Saudi untuk bekerja dan putus komunikasi dengan keluarga, akhirnya ia bisa merasakan kembali "suasana naik pesawat" untuk kembali ke Indonesia.

Ya, tanggal 13 Mei 2018, dengan didampingi langsung oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, Nenek Jumanti kembali ke tanah kelahirannya. Nenek Jumanti pun mencatat sejarah. Sebagai WNI pertama di Arab Saudi, yang mendapatkan keistimewaan pulang ke tanah air melalui VIP Lounge Bandara walaupun exit permit yang bersangkutan didapat melalui tarhil. Mengingat selama 28 tahun di Arab Saudi, para majikannya tidak pernah memfasilitasi pembuatan iqamah.

BACA JUGA: Nenek Qibtiyah Pulang Diantar Dubes Agus Maftuh dengan Layanan VIP​

Pada saat pemeriksaan Imigrasi, petugas di Imigrasi sempat kaget. Kaget karena menemukan dokumen bayan murahhal di SPLP Nenek Jumanti namun yang bersangkutan boarding melalui jalur VIP. Hal ini merupakan sesuatu yang baru dan tidak biasa. 

Dubes RI Riyadh kemudian menjelaskan langsung bahwa Nenek Jumanti adalah WNI yang bekerja di Arab Saudi dan hilang kontak selama hampir 30 tahun. Namun atas Kuasa Allah SWT dan melalui ikhtiar serta bantuan dari Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud yang juga merupakan keponakan Raja Salman, akhirnya Nenek Jumanti bisa ditemukan. Selain itu, untuk memastikan semuanya berjalan lancar, maka pemulangan Nenek Jumanti ke Indonesia didampingi langsung oleh Dubes RI di Arab Saudi.

Petugas Imigrasi pun kemudian dapat memahami dan bahkan langsung mengurus proses sidik jari untuk exit pagi Nenek Jumanti. Petugas Imigrasi dan Tentara yang berjaga di VIP pun menyampaikan apresiasi atas perhatian penuh KBRI kepada WNI-nya dan tidak lupa mengucapkan selamat kepada Nenek Jumanti seraya mendoakan semoga selamat sampai tujuan dan berkumpul kembali dengan keluarga. 

Dubes RI pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada para petugas Imigrasi dan instansi lainnya di Arab Saudi yang telah memberikan bantuan dan kemudahan dalam proses pemulangan ini.

Setelah itu, dengan diantar petugas VIP menggunakan mobil golf, Nenek Jumanti yang duduk bersebelahan dengan Dubes RI pun diantar sampai ke pintu pesawat untuk proses boarding penerbangan EK 818 menuju Dubai.  Dan kemudian dilanjutkan dengan EK 356 rute Dubai-Jakarta. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda