Kawasan Kaliurang Tetap Aman Terima Kunjungan Wisatawan

Foto-Foto: Erwan/CoWasJP

COWASJP.COM – Kawasan wisata Kaliurang yang berada di lereng Merapi tetap aman dikunjungi. Pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman tidak menutup kawasan ini untuk kunjungan wisata.

Keputusan tersebut diambil setelah Dinas Pariwisata melakukan kordinasi dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap kondisi Merapi. Dari hasil kordinasi dan update informasi tersebut, status Gunung Merapi tetap normal. Mengacu pada rekaman seismik Merapi yang relatif landai dapat disampaikan bahwa status Gunung Merapi adalah “Normal”.

"Status  normal ini berarti bahwa pada dasarnya kawasan Kaliurang masih aman untuk dikunjungi, sehingga tidak ada alasan kuat bagi Dinas Pariwisata untuk menutup kawasan ini," tegas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Dra Sudarningsih MSi, Jumat (11/5) siang.

Diungkapkannya, bahwa Jumat (11/5) pukul 07.43 WIB telah terjadi erupsi yang bersifat freatik di Gunung Merapi. Letusan yang didominasi uap air ini berlangsung satu kali dan tidak diikuti oleh erupsi susulan.

BACA JUGA: Merapi Meletus, 120 Pendaki Dekati Pasar Bubrah Selamat‚Äč

Meskipun demikian, sebagian wilayah Kabupaten Sleman termasuk Bandara Adisucipto mengalami hujan abu, sampai dengan pukul 12.00 WIB. Dan bandara sempat ditutup untuk beberapa waktu dengan mempertimbangkan keselamatan penumpang.

Menyikapi situasi Merapi, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pun mengumpulkan pelaku wisata yang berada dan beroperasi di kawasan Kaliurang. Pertemuan di Omah Jawi, Kaliurang ini dipimpin langsung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih dan didampingi oleh beberapa pejabat struktural di Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Hadir kurang lebih 30 pelaku wisata di kawasan Kaliurang. 

Dalam pertemuan ini, disampaikan update terakhir situasi Gunungapi Merapi mengacu pada hasil pengamatan di Pos Pengamatan Gunung Merapi. Dari hasil pengamatan tersebut, disampaikan bahwa meskipun telah terjadi letusan freatik di pagi hari tadi, status Gunung Merapi tetap normal. 

merapi2.jpg Namun demikian, sebagai akibat hujan abu yang sempat mengguyur kawasan Kaliurang sampai dengan pukul 10.00 WIB, disarankan agar bus besar untuk sementara waktu tidak masuk ke kawasan Kaliurang. Demikian pula halnya dengan operasional jeep volcano tour, disarankan untuk tidak beroperasi khusus hari ini demi kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung di Kaliurang.

Operasional volcano tour selanjutnya menunggu informasi lanjutan terkait situasi kegunungapian Merapi.
 
Secara umum kondisi kawasan Kaliurang telah kondusif. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi telah ada pernyataan dari BPPTKG, lembaga yang bertanggung jawab terkait peringatan dini kebencanaan di Gunung Merapi, status Merapi adalah “normal”. 

Dipersilakan wisatawan untuk tetap berkunjung menikmati keindahan Gunungapi Merapi di Kaliurang sekaligus menikmati aneka kuliner yang akan menggoda selera wisatawan.
 
Lebih lanjut, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, akan terus bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait  dan komunitas jeep Merapi untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman umumnya, dan kawasan Kaliurang khususnya. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda