Gratis! Kirim Sampah Pilahmu ke Bank Sampah. Begini Caranya.

Kurir AnterAja saat mengirim sampah pilah dari peserta program #GenerasiPilahPlastik Rinso ke Bank Sampah Griya Lidi.

COWASJP.COM – SELAMA ini banyak yang bingung mengelola sampah anorganik yang telah mereka pilah di rumah. Banyak yang mengeluh, sudah memilah sampah eh...saat diambil petugas sampah, dicampur lagi di gerobak atau truk sampahnya.

Banyak yang makin sadar bahwa sampah pilah itu sumberdaya. Sampah yang sudah dipilah itu menjadi bahan baku untuk industri daur ulang. Namun, seringkali upaya pilah sampah anorganik di rumah itu tidak bisa berlanjut. Dapat plastik, kertas, kardus, botol plastik dan sebagainya. Tapi kemudian bingung mau diapain sampah pilah tersebut. 

Nah, program ini, menjadi solusi mengatasi kebingungan tersebut. Bagi yang sudah memilah sampahnya, kini bisa mengirimkannya ke bank sampah. Hanya dengan bekal jempol untuk klik link, lalu isi form yang ada.

sampah1.jpg2.jpgPara pengurus Bank Sampah Griya Sapu Lidi mencatat dan memilah sampah dari nasabah dan peserta #GenerasiPilahPlastik

Memang, tidak semua bank sampah. Tapi, baru bank sampah yang ikut program Rinso #GenerasiPilahPlastik ini.  Ada 29 bank sampah dari 29 kabupaten/kota yang berada di 10 provinsi yang ikut program ini. Di antaranya, Kota Yogyakarta, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Denpasar, Bekasi, Bogor, Depok, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, Tanjung Balai, dan Tebing Tinggi. 

Kemudian Kabupaten Bangli, Tangerang, Cilacap, Kulon Progo, Sleman, Magelang, Gresik, Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Lamongan, Deli Serdang, dan Toba. “Alhamdulillah, Bank Sampah Griya Sapu Lidi yang berada di Sleman menjadi salah satu peserta program ini. Dan sudah banyak mendapat kiriman paket sampah pilah lewat AnterAja sejak pertengahan Maret,“ ujar Bendahara Bank Sampah Griya Sapu Lidi Dyah Arbaatun.

Bagaimana sih cara kirim sampahnya? Ini nih urutannya. Mudah banget. 
1. Klik link https://shop-id-rinso.com/form-anteraja dan isi datamu.
2. Siapkan sampah plastik & kemas dengan baik.
3. Kurir AnterAja akan ambil sampahmu (biasanya H+1 pada jam yang telah dipilih)
4. Sampah akan diantar ke bank sampah terdekat yang berada dalam satu kota/kabupaten. Gratis!
5. Selesai. Kamu sudah berhasil menjadi #GenerasiPilahPlastik bersama Rinso x AnterAja. 

Apakah hanya bisa kirim sekali? Tidak. Kamu bisa kirim lagi, jika punya sampah pilah di hari-hari berikutnya. Dengan cara yang sama. Atau cara yang lain.

Ya. Selain dari link https://shop-id-rinso.com/form-anteraja partisipan dapat juga mengakses dari Instagram @Rinso.id atau @Anteraja.id 

Bisa pula scan QR Code yang ada di belakang kemasan Rinso Baru, scan QR Code iklan TV, website Rinso.com button #GenerasiPilahPlastik, iklan sosial media (YouTube, FB, IG) dan banner di aplikasi Anteraja.

Dengan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik ini, kamu bisa bijak plastik dari rumah. Sudah gratis kirimnya, dan bisa dapat Gopay 50K untuk 2.000 pengirim pertama!

sampah1.jpg

Atiti Setyaning Utami dari Program Rinso #GenerasiPilahPlastik menegaskan, program ini berjalan mulai 7 Maret hingga 31 Mei 2022. Ditargetkan ada 50.000 #GenerasiPilahPlastik yang tergabung dalam program ini. 

Perempuan yang biasa disapa Tya ini menambahkan, ada lima jenis plastik/sampah yang bisa diterima dalam program ini. Kelima jenis plastik itu adalah pertama plastik PET (botol kemasan air mineral dan sejenisnya dengan simbol angka 1 pada kemasannya). Kedua plastik HDPE keras ( botol shampo/sabun cair dengan simbol angka 2 pada kemasannya). 

Ketiga, plastik PP Fleksibel (kemasan pouch/slopan, tas kresek, dan tube kemasan pasta gigi). Keempat, plastik PP keras (botol minuman/tumbler dengan simbol angka 5 pada kemasan). Dan kelima, kertas/kardus (kemasan luar pasta gigi, kardus kemasan gadget, kemasan karton).

Bagaimana sambutan masyarakat? Sejumlah warga masyarakat yang mengetahui program ini, menyambut gembira. Ian Agisti, misalnya. Profesional muda asal Jogja ini menyebut langkah ini sebagai terobosan yang sangat bagus. Memberi solusi jitu bagi yang kebingungan setelah memilah sampahnya di rumah. “Saya pasti kirim. Sudah banyak nih sampah pilah di rumah,“ ujarnya.

sampah3.jpgJenis Sampah/Plastik yang dapat dikirim dalam program #GenerasiPilahPlastik

Hal yang sama disampaikan oleh Agung. Pria yang bekerja di salah satu BUMN ini, juga merespons baik. Laki-laki yang tinggal di kawasan Jakarta Utara itu siap mengirim paket sampah pilahnya. “Tinggal nunggu diambil AnterAja nih. Sudah isi form di link,“ tegasnya sembari menunjukkan paket bungkusan sampahnya.

Kamu tentu juga ingin jadi #GenerasiPilahPlastik
Yuuk, isi form di link https://shop-id-rinso.com/form-anteraja ini. Dan kemas sampah anorganikmu. Mudah kan? (*)

Pewarta : Erwan Widyarto
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda