Apa Jawab HB X saat Ditanya "Pilih Mukti Opo Mulya?"

COWASJP.COM – Sarasehan dalam rangka penetapan Sultan Hamengku Buwono IX sebagai Bapak Pramuka Indonesia pada Rabu (11/4) malam tidak hanya berkaitan dengan Pramuka. Dalam sarasehan itu terungkap pula hal menarik mengenai falsafah hidup serta nilai-nilai yang ditanamkan Sultan HB IX kepada anak-anaknya.

Hal tersebut terungkap saat Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X berbagi cerita pengalaman hidupnya berkaitan dengan Ayahandanya. Sultan HB X mengatakan ada satu hal yang tidak akan dilupakan saat sang ayahanda masih hidup. Yakni janji yang diucapkannya saat itu.

BACA JUGA: Sultan HB IX Bapak Pramuka Indonesia​

Bagi Sultan HB X, tiga janji yang diucapkannya di depan sang ayah sebelum meninggal adalah janji seumur hidupnya.

"Saya sempat dipanggil dan ditanyai, pilih mukti atau mulya. Saat itu saya pilih mukti dengan alasan, walaupun nanti saya tidak kaya tapi pikiran dan tenaga saya bisa berguna bagi masyarakat luas, utamanya Yogyakarta. Setelah itu saya diminta berjanji tiga hal oleh beliau," ungkap HB X.

Tiga janji yang diminta Sultan Hamengku Buwono IX saat itu ialah harus mampu mengayomi semua orang, siapapun itu. Meski ada kemungkinan orang tersebut menaruh benci. Janji kedua, tidak boleh melanggar aturan negara. Serta janji terakhir yakni harus lebih berani mengatakan yang benar itu benar, yang salah itu salah.

"Untuk janji yang ketiga sempat saya interupsi, lebih berani dari siapa. Ternyata lebih berani dari beliau. Karena menurut beliau, selama hidupnya beliau lebih sering diam. Tapi ternyata diam beliau salah karena nasib rakyat Indonesia masih saja miskin dan bodoh," ungkap HB X.

Ketiga janji itu kemudian menjadi janji yang berupaya selalu ditepati oleh Sultan Hamengku Buwono X, hingga akhir hayatnya nanti.

Anda pilih mukti atau mulia? (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda