Sultan HB IX Bapak Pramuka Indonesia

Foto-Foto: Istimewa

COWASJP.COM – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menetapkan tanggal 12 April sebagai Hari Bapak Pramuka Indonesia atau Hari Sultan Hamengku Buwono IX. Hari besar Gerakan Pramuka ini, akan diperingati tiap tahunnya untuk mengenang jasa-jasa Sultan Hamengku Buwono IX.

Sebagai wujud peringatan, pada Rabu (11/04) malam di Pagelaran Keraton Yogyakarta digelar renungan dan refleksi mengenang Bapak Pramuka Indonesia, Sultan Hamengku Buwono IX. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sarasehan yang juga dihadiri oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DIY GKR Mangkubumi, GKR Hemas dan segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengemukakan, Sri Sultan Hamengku Buwono IX telah berjasa dan berkomitmen dalam memberikan landasan nilai-nilai kepramukaan, karakter anggota Gerakan Pramuka, serta dalam menjaga dan mengembangkan Gerakan Pramuka di Indonesia. Karena itu pantas jika Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga dianggap sebagai Bapak Bangsa Indonesia.

gubernur-yogya1.jpg

Perjuangannya diakui sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia, sehingga pantas beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah RI. 

"Banyak kisah keteladanan dari sosok Bapak Pramuka Indonesia ini yang belum diketahui generasi sekarang. Berdiri dan hidupnya Gerakan Pramuka di 34 Provinsi hingga sekolah-sekolah di Indonesia, bahkan di luar negeri hari ini tidak lepas dari peran beliau," paparnya.

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia, pada Kamis (12/04) pagi dilakukan ziarah ke makan Sultan Hamengku Buwono IX di Saptarengga, Imogiri, Bantul. Ziarah dipimpin oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, diikuti para pimpinan Kwarnas, pimpinan Kwarda DIY dan para utusan dari Kwarda se-Indonesia. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda