Media Filipina Beber 5 Alasan Lombok Surga bagi Turis Muslim

COWASJP.COM – Rasanya tidak berlebihan menyebut Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagai surga bagi wisatawan muslim. Turis muslim yang berlibur di Lombok memang tidak akan mengalami kendala berarti. 

Urusan beribadah sangat mudah. Ingin menikmati menu halal juga sangat gampang. Hal itu tidak lepas dari keseriusan pemerintah daerah setempat dalam membangun industri family friendly tourism atau pariwisata halal.

Dunia internasional pun mengakui kehebatan family friendly tourism Lombok. Tidak mengherankan, Lombok berulang kali mendapat penghargaan bergengsi tingkat internasional. Di antaranya tiga penghargaan prestisius dalam ajang World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Tiga penghargaan itu adalah World's Best Halal Beach Resort untuk Novotel Lombok Resort & Villas, World's Best Halal Travel Website  bagi www.wonderfullomboksumbawa.com, dan World's Best Halal Honeymoon Destination yang dimenangi Sembalun Valley Region.

Lantas, apa yang membuat Lombok sangat menyenangkan bagi wisatawan muslim? Pada 8 April 2018, laman ABS-CBN membeber lima faktor yang membuat Lombok sangat ramah bagi turis muslim.

“Lombok menawarkan tujuan liburan yang luar biasa bagi wisatawan muslim dan siapa pun yang mencari destinasi budaya,” demikian tulis media besar Filipina yang berbasis di Quezon City itu.

Berikut ini lima hal yang membuat Lombok sangat cocok sebagai destinasi liburan bagi turis muslim:

1. Masjid dan tempat berdoa yang sangat banyak

Wisatawan muslim tidak akan kesulitan menunaikan kewajibannya kepada Allah SWT. Sebab, masjid bertebaran di penjuru Lombok. Bahkan, Lombok mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

“Azan bisa didengar di seluruh Lombok. Wisatawan muslim juga bisa dengan mudah menemukan fasilitas berdoa. Bandara juga dilengkapi ruang salat,” demikian tulis ABS-CBN.

lombok1.jpg

ABS-CBN juga membahas Islamic Center Mataram yang merupakan masjid terbesar dan termegah di NTB. Selain itu, ABS-CBN juga merekomendasikan masjid lain yang tidak kalah bagus.

“Tempat ibadah terkenal lainnya untuk dikunjungi adalah Masjid Bayan Beleq yang merupakan masjid tertua di Lombok dan Masjid Agung Selong,” tambah ABS-CBN.

2. Hotel halal dengan fasilitas yang ramah bagi muslim

Mencari tempat untuk tinggal di Lombok bukanlah pekerjaan sulit bagi wisatawan muslim. Lombok memiliki banyak hotel bersertifikat halal. Hotel-hotel itu menyediakan petunjuk arah kiblat, Alquran di kamar, serta makanan halal.

“Beberapa pilihan hotel dan resor yang ramah bagi muslim adalah Holiday Resort Lombok, Svarga Resort Lombok, dan Kebun Villas & Resort,” tulis ABS-CBN.

3. Makanan halal
Mencari makanan halal di tempat wisata sering menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan muslim. Namun, hal itu tidak akan terjadi di Lombok. Wisatawan akan sangat gampang menemukan makanan halal di sana.

Sangat banyak restoran yang menyajikan masakan internasional dan lokal dengan standar halal nan terjamin. Bagi wisatawan yang berlibur di Gili Trawangan, ABS-CBN merekomendasikan bersantap di Restoran Black Penny Villas. 

“Wisatawan juga bisa menemukan makanan cepat saji yang dikenal secara internasional di Lombok seperti KFC dan McDonald yang semuanya halal,” tambah ABS-CBN.

4. Destinasi yang tenang

“Lombok menawarkan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan dan pemandangan untuk dilihat, dari atraksi budaya hingga kegiatan di luar ruangan,” tulis ABS-CBN.

ABS-CBN merekomendasikan tiga tempat populer yang harus dikunjungi. Yakni, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Di sana, wisatawan juga tidak akan kesulitan menemukan makanan halal dan tempat beribadah.

“Gili Trawangan paling hidup di antara yang lainnya. Gili Meno menawarkan tempat liburan yang tenang, sedangkan Gili Air menawarkan kombinasi dari keduanya,” tulis ABS-CBN.

Menurut ABS-CBN, Lombok berbeda dengan Bali yang sangat ramai. Meski begitu, tempat liburan di Lombok tidak kalah menyenangkan. Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di air seperti snorkeling, scuba diving, surfing, dan memancing.

5. Pilihan suvenir yang sangat beragam

Tidak lengkap rasanya berlibur tanpa membawa oleh-oleh bagi teman dan orang-orang tercinta. Wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh di Lombok dijamin tidak akan kesulitan.

“Tempat terbaik untuk belanja suvenir di sana adalah Sasaku Lombok, sebuah butik besar yang menjual berbagai pilihan pakaian, termasuk sarung dan kain tradisional. Ada juga t-shirt yang mewakili Lombok modern,” tulis ABS-CBN.

Sasaku Lombok juga menjual aksesoris, tas, keramik, perhiasan mutiara, dan produk makanan halal.
“Bagi mereka yang ingin berbelanja mutiara, pergilah ke Gem Pearls yang menawarkan berbagai macam kalung mutiara, gelang, dan anting-anting berkualitas baik,” imbuh ABS-CBN. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda