Kang Marhein: UMKM Nganjuk Harus Berjuang untuk Go National

Kerja Bareng Alfamart - Radar Kediri

Plt Bupati Nganjuk Marhein Djumadi (tengah baju putih) foto bareng para pelaku UMKM. (FOTO: istimewa)

COWASJP.COM – NGANJUK. Plt Bupati Nganjuk Marhein Djumadi berupaya memajukan para pelaku UMKM di wilayahnya. Kabupaten Nganjuk dan berharap go nasional. 

"Tak sekadar maju, tapi kita perjuangkan bersama agar UMKM Kabupaten Nganjuk go national!" kata pria yang akrab dipanggil Kang Marhein ini.

Hal ini diwedarkan saat memberikan kuliah selama satu jam dalam acara pelatihan UMKM yang dihelat oleh Alfamart bersama Radar Kediri di Hotel Front One, Nganjuk, Rabu 9/2/2022.

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, kunci kemajuan adalah 5P. Yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), dan people (orang). 5P ini yang harus dimoncerkan. 

"Tolong perhatikan 5P ya, biar ibu-ibu bisa go national," tegasnya.

Marhein berpesan agar pelaku UMKM tidak memainkan price seenaknya. Misalnya jika konsumennya orang luar daerah, harganya dinaikkan. "Untung itu perlu, tapi untung yang terus-menerus lebih perlu," katanya. Kalau barangnya bagus dan harganya relatif murah, pasti moncer. Banyak orang yang akan membeli. 

faruqnyar.jpg1.jpgPlt Bupati Nganjuk Marhein Djumadi saat memberikan pengarahan kepada para pelaku UMKM Nganjuk. (FOTO: istimewa)

Jangan karena mengejar keuntungan besar, lantas orang luar daerah cuma membeli sekali itu saja. Karena merasa dikemplang dan dikecewakan oleh penjual. Bagaimana bisa go national? Ya khan.

Sebaliknya, jika keuntungan (yang rasional) diraih secara  terus-menerus, maka usahanya akan makin berkembang.

Marhein berharap pengusaha besar seperti Alfamart bisa merangkul pelaku UMKM. 

Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Faruq Asrori mengaku jika visi perusahaan (Alfamart) adalah menjadi jaringan distribusi terkemuka yang dimiliki masyarakat luar, berorientasi pada pemberdayaan pedagang kecil, dimiliki masyarakat luas dan mampu bersaing secara global.

"Jadi mulai awal berdirinya, Alfamart memang berkomitmen tumbuh dan berkembang dengan pedagang kecil," tegasnya. Karena itulah, Alfamart rutin menggelar pelatihan UMKM. 

Diharapkan mereka bisa makin maju, dan terbukalah peluang bermitra dengan Alfamart.(*) 

Pewarta : -
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda