April 2018, Samarinda Punya Bandara

Foto-Foto: IG @bandarasamarindabaru

COWASJP.COM – Industri pariwisata Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), mendapat angin segar karena Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto segera beroperasi. Menurut jadwal, bandara itu bakal beroperasi pada April 2018 mendatang. 

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, secara umum, pembangunan bandara internasional itu sudah rampung. Nantinya, PT Angkasa Pura (AP) I akan menjadi pengelola Bandara APT Pranoto. 

bandara-samarinda.jpg

“Kebutuhan air dan listrik sudah siap. Pengerjaan runway sepanjang 2.250 meter telah rampung sudah siap untuk didarati,” tutur Awang.

Dia menambahkan, pekan ini bahu dan badan jalan masuk untuk pemadam kebakaran akan diselesaikan. Dari sisi keamanan, pembangunan pagar untuk pembatas ke area landasan pacu juga hampir selesai. 

bandara.jpg

Sebelum diserahkan ke AP I, Bandara APT Pranoto akan dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Temindung. Unit itu akan menangani verifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Samarinda Muhammad Faisal menyambut gembira kehadiran Bandara APT Pranoto. Menurut Faisal, bandara itu akan membuat industri pariwisata Samarinda makin berjaya.

bandara2.jpg

Pada 2017 lalu, pariwisata berhasil menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 85 miliar. Angka itu setara 25 persen dari total PAD Samarinda. “Kalau Bandara APT Pranoto diresmikan, bisa lebih besar. Kunjungan bisa naik sampai dua kali lipat bahkan lebih daripada saat ini,” tutur Faisal.

Dia menambahkan, kehadiran Bandara APT Pranoto akan membuat sektor lain yang menunjang pariwisata bakal menggeliat. “Bisnis hotel akan merasakan dampaknya. Bisa jadi investor baru masuk. Namun, jangan sampai ada perang tarif. Itu harus dihindari,” tambah Faisal.

bandara3.jpg

Samarinda sendiri memiliki 13 objek wisata nan cantik. Beberapa destinasi wisata yang menonjol adalah Sungai Mahakam, Sirothol Mustaqim, Islamic Center, dan Budhi Center. “Pemkot bakal terus memelihara dan mempromosikan objek wisata beserta penyangganya,” ujar Faisal. (*)

Pewarta :
Editor : Erwan Widyarto
Sumber :

Komentar Anda