Manfaatnya Minum Air Putih saat Perut Kosong,

ILUSTRASI - Minum Air Putih (FOTO: Dokter Sehat)

COWASJP.COM – Orang Jepang secara turun temurun sudah terbiasa minum segelas air putih setiap pagi saat bangun tidur. Hal tersebut merupakan salah satu rahasia mengapa wanita Jepang memiliki bentuk tubuh yang langsing dan sehat

Kebiasaan baik tersebut sepertinya juga harus dilakukan setiap pagi oleh masyarakat Indonesia, terutama saat perut kosong. Minum air putih saat perut dalam keadaan kosong memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Aoa saja?

Dilansir dari Boldsky, berikut 10 manfaat minum air putih saat perut masih kosong.

1. Mempercepat Metabolisme Tubuh
Saat sedang menjalankan program diet, minum air putih di pagi hari saat perut kosong ternyata dapat mempercepat metabolisme tubuh hampir 25 persen. Hal tersebut juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

2. Membantu Membersihkan Perut
Minum air putih saat perut kosong juga dapat membersihkan perut di pagi hari. Sehingga proses buang air besar akan lebih mudah dan lancar. Jika hal tersebut rutin dilakukan setiap hari, maka dapat membantu mengatur pergerakan usus dan menyingkirkan kotoran di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Minum air saat perut kosong juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu melawan infeksi dan penyakit yang suatu saat menyerang. Minum air putih juga dapat membantu meningkatkan fungsi kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Mencegah Migrain
Sakit kepala atau migrain seringkali disebabkan oleh kekurangan oksigen dan cairan di dalam tubuh. Dehidrasi merupakan penyebab utama sakit kepala yang cukup mengganggu aktivitas. Minum air putih pada perut kosong akan membebaskan diri dari sakit kepala dan juga membantu mencegah masalah pada gigi. 

5. Meningkatkan Nafsu Makan
Minum air putih saat perut kosong dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Seperti yang diketahui sebelumnya, air putih berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Setelah perut membuang cairan dari saluran pencernaan, maka perut menjadi kosong dan otomatis akan terasa lapar.

6. Membuat Kulit Lebih Cerah
Minum segelas air putih saat pagi hari akan membantu tubuh untuk mendapatkan kulit yang bersih. Bahkan dapat menyamarkan noda hitam di kulit yang disebabkan oleh radikan bebas. 

7. Membersihkan Usus Besar
Minum air putih saat perut kosong dapat membantu saluran cerna untuk membuang limbah berbahaya yang menumpuk di dalam usus. Sehingga memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar (kolon) yang mengancam pria dan wanita.

8. Meningkatkan Energi
Jika sering merasa lelah dipagi hari, minumlah segelas air hangat. Karena, minum air putih saat perut kosong akan merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat, sekaligus memperlancar asupan oksigen ke dalam darah. Hal tersebut akan membuat tubuh merasa lebih banyak energi dan semangat untuk memulai hari. 

9. Menurunkan Berat Badan
Air memiliki kandungan nol kalori, sehingga minum segelas air hangat saat perut kososng dapat membuat perut terasa kenyang. Hal tersebut dapat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih cepat.

10. Membantu Menumbuhkan Rambut
Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka rambut akan menjadi kering dan kasar. Jadi, mulailah hari dengan minum cukup banyak air untuk melembabkan rambut agar tubuh sehat setiap hari. (*)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber : TIMES Indonesia

Komentar Anda