Fantastik, KA Cina – Jerman dan China – Inggris

COWASJP.COM – Mungkin banyak yang belum tahu bahwa sejak 13 Juni 2017 lalu telah terentang rel kereta api (KA) dari RR Cina (AsiaTimur) sampai Jerman (Eropa Barat). 

Khusus untuk KA barang. KA spektakuler ini menyusur rel sejauh 10.214 kilometer. Lebih jauh dari jarak Banda Aceh ke Jayapura yang hanya 7.852 kilometer. Andaikata Banda Aceh dan Jayapura tidak dipisah-pisahkan oleh laut dan selat, dan kedua kota dihubungkan rel KA, maka diperkirakan KA terjauh di Indonesia itu akan membutuhkan waktu 252 jam 37 menit. Ya, 10 hari lebih.

Bagaimana dengan KA Cina – Jerman? Dari Cina, KA tersebut harus menembus Kazakhstan, Rusia, Belarusia, Polandia, baru masuk Jerman. Jarak tempuhnya 10,214 km. Waktu tempunya sekitar 2 (dua) minggu. Jauh lebih cepat dibanding angkutan kapal laut yang membutuhkan waktu dua bulan berlayar.

Ini bukan KA penumpang, tapi KA angkutan barang. KA Cina-Jerman pergi-pulang. Bermuatan 200 petikemas (containers) per trip. Direncanakan daya angkutnya dinaikkan jadi 300 petikemas. 

Bak ular menyusur pebukitan. Jauh dan di pedalaman. Fantastik!

Dari sini kita tahu, betapa agresifnya Cina dalam mengambangkan sayap ekspornya. 

Bukan Yang Pertama 

Ya, KA barang Cina – Jerman bukanlah KA terjauh pertama. Sebelumnya Cina sudah membuat jalur KA yang membelah Benua Asia dan Benua Eropa dan finis di London. Lewat jalur KA bawah laut. 
Diberitakan Kompas, mengutip Kantor Berita Inggris Reuters Januari 2017, KA barang pertama yang secara langsung menghubungkan Cina dan Inggris tiba di Barking, London Timur, Rabu 18 Januari 2017. KA barang tersebut menempuh perjalanan tak kurang dari 12.000 km. Melewati 14 negara!

Layanan KA ini merupakan bagian dari upaya Cina untuk menghidupkan kembali Jalur Sutera, jalan darat terpanjang yang membentang di antara dua benua yang menghubungkan Cina dan Barat di masa lampau. 

Rangkaian kereta meninggalkan Yiwu di China timur pada awal Januari 2016 antara lain mengangkut pakaian, tas koper, dan barang-barang keperluan rumah tangga dengan tujuan pasar Inggris. Ada sekitar 68 peti kemas yang diangkut kereta ini. 

Fang Xudong, wakil manajer di kawasan industri Tianmeng, kepada para wartawan mengatakan bahwa kereta cepat Yiwu-London memangkas perjalanan laut hingga 30 hari dengan ongkos seperlima lebih murah dari angkutan udara. 

Kelebihan Kereta Api
1. Lebih cepat 30 hari dari angkutan kapal laut.
2. Ongkos 1/5 dari biaya angkut pesawat terbang.

**

Kontainer dengan tujuan London tersebut beberapa kali dipindahkan ke rangkaian kereta lain di beberapa tempat, karena ukuran rel di China dan Eropa berbeda. Proses itu memakan waktu, meski tentu saja tetap lebih cepat jika dibandingkan dengan pengiriman melalui jalur laut. 

KA tiba di Barking, London, setelah melewati tak kurang dari 14 negara. Barking berjarak 12.000 km dari Yiwu, China. 

Pemerintah China menyebut proyek baru itu sebagai Jalan Sutra Baru, yang menurut wartawan BBC di Beijing, merupakan proyek politik penting yang bertujuan untuk mendongkrak perdagangan dan investasi. Belasan kota di Eropa sudah dilayani kereta langsung dari China selama beberapa tahun terakhir, dan London tercatat sebagai kota tujuan terbaru. 

Rute yang dilalui kereta meliputi Kazakhstan, Rusia, Belarus, Polandia, Jerman, Belgia, dan Perancis sebelum menyeberang ke Inggris. Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mengatakan China tetap merupakan mitra strategis bagi Inggris yang saat ini tengah menyiapkan diri mundur dari blok kerja sama Uni Eropa. (*)

Pewarta :
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda