Geliat PT Astana Shoga Asia (5-Habis)

Petani Aman, Buyer Nyaman

Mr David mengagumi kebun penghasil blimbing. (Foto-Foto: Timur Pradopo/CoWasJP)

COWASJP.COM – PT Astana Shoga Asia merupakan perusahaan eksport produk agro di Kabupaten Nganjuk. Perusahaan ini berdiri pada akhir tahun 2013 yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto 55-A Kauman, Nganjuk, Jawa Timur. Untuk kali pertama, PT Astana Shoga Asia mengibarkan bendera eksport untuk komoditi jahe sekitar pertengahan 2014. 

Bahkan bukan hanya jahe, PT Astana Shoga Asia juga melakukan eksport mangga pada 2015 silam. Yang terbaru, perusahaan yang bergerak di bidang agro ini melakukan eksport ke Tunisia. Produknya adalah damar batu.

"Alhamdulillah produk yang dikirim ke Tunisia ini rutin. Bisa dibilang setahun dua kali," ungkap Timur Pradopo, Direktur PT Astana Shoga Asia. 

anyar-blimbing.jpg

Dalam misinya, PT Astana Shoga Asia memang ingin mengangkat produk agro di Indonesia agar tidak terpuruk. Perusahaan bermarkas di Kertosono ini ingin agar produk agro di Indonesia mampu menembus market internasional dengan harga wajar. Sebab, selama ini memang banyak permainan tengkulak yang cukup menyakitkan bagi petani. "Kami ingin menjembatani secara wajar antara petani dengan buyer. Intinya, petani aman dan buyernya nyaman," jelas Timur kepada CoWasJP.com 

Dari ekspor jahe tersebut, PT Astana Shoga Asia mampu dikenal banyak buyer. Baik dari Bangladesh, Pakistan, India hingga Singapura. Adalah Mr David Chan, Direktur CV Global Singapura ini yang tertarik dengan berbagai komoditi sayuran dan buah dari Indonesia.

labu-madu.jpg

Sebenarya Mr David Chan ini telah connect dengan tim PT Astana Shoga Asia sejak tiga tahun lalu. Waktu itu Mr David juga membutuhkan jahe gajah untuk pasar Singapura. Dari pertemuan tiga tahun lalu tersebut, Mr David selalu melakukan komunikasi dengan tim marketing PT Astana Shoga Asia. "Tim marketing Alhamdulillah memberikan kesan terbaik untuk Mr David," jelasnya. 

Hingga awal tahun ini, Mr David menginginkan PT Astana Shoga Asia mengawali untuk memasok kebutuhan sayur dan buah untuk marketnya di Singapura. Memang, untuk awalan belum bisa banyak. Tapi, ke depannya, PT Astana Shoga Asia akan menjadi partner CV Global untuk area Jawa Timur.

destilasiok.jpg

"Nantinya, seluruh produk yang dibutuhkan CV Global untuk market Singapura, khususnya produk dari Jawa Timur, akan masuk dulu ke gudang PT Astana Shoga Asia," jelas Timur. 

Sebagai awalan, kata Mr David, tim PT Astana Shoga Asia akan memasok tiga komoditi. Yakni kentang, manggis dan alpukat. "Tiga komoditi itu harus jalan dulu untuk tim kami bisa berlatih dulu sebelum melakukan pasokan dalam jumlah besar," tuturnya.

 

 

Pewarta : Timur Pradopo
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda