Hari Ini Konbes NU, Banser Siap Beri Pengamanan Total

Kasatkornas Banser Hasan Basri Sagala.(FOTO:istimewa)

COWASJP.COMHARI ini, Selasa 7 Desember 2021, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar (Konbes) di Jakarta. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) menyatakan siap memberikan pengamanan total. 

Agenda penting Konbes NU kali ini antara lain mencabut mandat masa tugas kepengurusan PBNU hasil keputusan Konbes 25 September lalu, dan menetapkan waktu pelaksanaan Muktamar NU ke-34 di Provinsi Lampung. 

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser Hasan Basri Sagala mengatakan, pengamanan Konbes ini dilakukan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab Banser dalam menjalankan amanat organisasi. Selain pengamanan di lokasi acara, Banser juga menjaga keselamatan peserta Konbes, utamanya para kiai sepuh. 

"Jadi kita amankan secara total. Tanpa diminta pun, Banser akan otomatis terjun menjaga kiai-kiai dan peserta lainnya agar gelaran Konbes bisa berjalan aman dan menghasilkan kesepakatan yang bisa bermanfaat banyak, khususnya bagi warga Nahdiyin," kata Hasan Basri di Jakarta, Senin (6/12/2021). 

Untuk melakukan pengamanan ini, Banser juga akan berkoordinasi dengan aparat Polri dan TNI. Hasan mengungkapkan, personel Banser yang diterjunkan dari wilayah DKI Jakarta. Jika memang dibutuhkan, penambahan ribuan personel anggota Banser di wilayah Bodetabek juga siap untuk dikerahkan. 

Banser-2.jpg

Hasan Basri menilai, Konbes adalah agenda organisasi sebagai forum tertinggi untuk memutuskan hal-hal yang dianggap mendesak atau penting. Jelang Muktamar ke-34, Konbes NU juga memiliki agenda-agenda mendesak yang membutuhkan penyikapan organisasi. Antara lain pasca kebijakan PPKM level 3 pada akhir Desember 2021 nanti. 

"Penyikapan organisasi ini bersifat segera karena berkaitan dengan jalannya NU ke depan. Untuk itu, sudah seharusnya Banser berkomitmen menyukseskan perhelatan nasional ini," terangnya. 

Hasan Basri berharap, meski ada perbedaan pendapat di internal NU, Konbes besok tidak diganggu oleh pihak-pihak tertentu. Banser bertekad akan menindak tegas jika ada pihak yang sengaja ingin mengacaukan jalannya Konbes.

"Konbes ini bagian dari amanat organisasi dan disepakati mayoritas PWNU se-Indonesia. Untuk itu marilah bersama-sama menghormati dan menyukseskan," tandasnya. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Slamet Oerip Prihadi
Sumber :

Komentar Anda