Kapan Piala Presiden 2018 Dimulai?

ILUSTRASI: Stadion Kanjuruhan Malang dan Stadion Gelora Dewata (Foto-Foto: Istimewa)

COWASJP.COMPARA pecinta sepakbola Indonesia paham bahwa menggelar kompetisi dan turnamen sepakbola di tanah air banyak tantangannya. Kota yang memiliki stadion standar AFC belum tentu bisa dipergunakan jadi arena turnamen. Hal ini disebabkan pihak keamanan (Polri) tidak mudah memberikan izin keramaian dengan alasan tertentu.

Jadwal kompetisi atau turnamen bisa molor tertunda-tunda. Misalnya Piala Presiden edisi ketiga tahun ini (2018), sampai sekarang belum tersusun jadwal tandingnya. Kapan dimulainya sudah ditetapkan, yakni Selasa 16 Januari 2018 dan akan berakhir Sabtu 17 Februari 2018.

Pertandingan pembukaannya pun sudah dipastikan digelar di Bandung. Tapi apakah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau di Stadion Si Jalak Harupat belum bisa dipastikan. Sebab bisa saja stadion tersebut belum bisa dipakai karena sedang direnovasi untuk menghadapi Asian Games 2018.

Seperti itulah kendala dan tantangan yang harus diatasi oleh pihak Panitia Penyelenggara.

Jadi, sampai sekarang kita belum tahu susunan jadwal pertandingan babak penyisiihan Piala Presiden 2018. Padahal waktu sudah mepet. Untuk mencontoh turnamen dan kompetisi liga-liga Eropa yang demikian rapi dengan jadwal yang tersusun beberapa bulan sebelumnya, rasanya masih sulit di Indonesia. Padahal pihak PSSI kini dituntut bisa lebih profesional. Seiring dengan tuntutan PSSI kepada pihak pengelola klub-klub Liga 1 dan Liga 2.

Kita belum tahu sampai kapan kendala-kendala itu menjadi bukan kendala lagi. Apakah PSSI perlu menjalin kesepakatan dan kerja sama yang lebih baik lagi dengan pihak Polri? Inilah salah satu PR besar bagi PSSI dan Pemerintah RI.

Yang pasti, Piala Presiden 2018 rencananya akan diikuti 20 klub Liga 1 dan Liga 2.

Telah diberitakan Kompas.com, Ketua OC Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan, melalui surat bernomor 003/OC-PP2018/I/2018, menulis, kick-off Piala Presiden rencananya digelar 16 Januari 2018. Karena itu, pihak tuan rumah Persib diharapkan segera mempersiapkan segala kebutuhannya.

"Hal-hal lain terkait hak dan kewajiban sebagai tuan rumah serta jadwal pertandingan akan disampaikan dalam surat tersendiri. Agar kemudian Persib melakukan koordinasi dengan pihak terkait supaya pelaksanaan babak penyisihan di Bandung dapat berjalan baik dan lancar," kata Berlinton dalam surat tertanggal, Jakarta 5 Januari 2017.

Pada musim 2015 dan 2017, Bandung juga menjadi salah satu tuan rumah babak penyisihan grup. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) atau Stadion Si Jalak Harupat, bisa menjadi tempat berlangsungnya pertandingan nantinya.

Sebelumnya, General Coordinator Panpel Persib Bandung, Budi Bram Rachman, menyebut bahwa pihaknya telah berkoordinasi mengenai stadion yang akan digunakan untuk Piala Presiden 2018. Menurut Budi, dua stadion itu memang telah menjadi pertimbangan.

"Yang pasti Persib itu salah satu tuan rumah Piala Presiden 2018, kami baru sebatas koordinasi dengan pihak-pihak stadion salah satunya GBLA dengan Jalak Harupat," ujar Budi Bram di Kantor PT PBB, Kamis (4/1/2018).

Kedua stadion tersebut dinilai paling siap untuk menggelar pertandingan besar. Namun, ia belum berani memastikan seperti apa ke depannya.

Kendati demikian, salah satu kendala yang akan muncul ialah rencana renovasi kedua stadion tersebut. GBLA dan SJH saat ini ini diproyeksikan untuk menggelar ajang Asian Games.

"Memang itu menjadi salah satu kendala, tetapi kami juga tidak tahu sampai saat ini belum tahu kapan itu dimulainya," ujar Budi Bram.

"Kalau memang masih diberi kesempatan untuk menggelar Piala Presiden ya mudah mudahan salah satu stadion itu bisa digunakan," tuturnya melanjutkan.

Piala Presiden sudah digelar dua kali, yakni pada 2015 dan 2017. Pada 2015, Persib Bandung juara.

20 KLUB PESERTA
18 klub Liga 1 2018 dan 2 klub peringkat tinggi Liga 2 2017 

1.Arema FC Peringkat ke-9 Liga 1 

2.Bali United F.C. Runner-up Liga 1 

3.Bhayangkara FC Juara Liga 1

4.Borneo F.C. Peringkat ke-8 Liga 1

5.Madura United FC Peringkat ke-5 Liga 1

6.Martapura FC Peringkat ke-4 Liga 2

7.Mitra Kukar Peringkat ke-10 Liga 1

8.Persebaya Surabaya Juara Liga 2 

9.Persela Lamongan Peringkat ke-14 Liga 1 

10.Perseru Serui Peringkat ke-15 Liga 1 

11.Persib Bandung Peringkat ke-13 Liga 1 

12.Persija Jakarta Peringkat ke-4 Liga 1 

13.Persipura Jayapura Peringkat ke-6 Liga 1 

14.PS Barito Putera Peringkat ke-7 Liga 1

15.PS TNI Peringkat ke-12 Liga 1

16.PSIS Semarang Peringkat ke-3 Liga 2

17.PSM Makassar Peringkat ke-3 Liga 1

18.PSMS Medan Runner-up Liga 2 

19.PSPS Riau Peringkat ke-3 Grup Y Liga 2 

20.Sriwijaya FC Peringkat ke-11 Liga 1

TUAN RUMAH BABAK PENYISIHAN

Dengan mundurnya Surabaya dan  Makassar, maka lima tempat yang akan menjadi tuan rumah di babak grup adalah: 1.Bandung (Stadion Gelora Bandung Lautan Api)

2.Malang (Stadion Kanjuruhan)

3.Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta) Gianyar 4.Balikpapan (Stadion Batakan)

5.Sidoarjo (Stadion Gelora Delta Sidoarjo).

HAK SIAR TV Indosiar. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda