Bayern Munich Punya Masjid Indah

ILUSTRASI: Frank Ribery, pemain Bayer Munich (Foto: en.qantara.de) ILUSTRASI: Frank Ribery, pemain Bayer Munich (Foto: en.qantara.de)

KLUB sepakbola legendaris Jerman, Bayern Munich, kini resmi membuka sebuah masjid baru yang  indah di Allianz. Masdjid ini memiliki ciri-ciri arsitektur dan fungsi yang "modern." Misalnya, tempat penyimpanan sepatu (locker) elektronik. Tempat ini bakal memberi petunjuk lampu warna  hijau  jika locker tetaebut kosong. 

Sebaliknya  lampu akan berwarna merah untuk menunjukan nomor locker sepatu itu sudah terisi. Masjid ini merupakan  hasil inisiatif Frank Ribery, pemain Bayer Munich yang Muslim, yang meminta kepada pengurus klub agar klub menyediakan satu bilik kecil saja sebagai Musholla untuk pemain dan kaum Muslim bisa sholat disitu.  

mesjid-di-bayern-muncenLPIaU.jpgFoto: Istimewa

Di luar dugaan, pihak pengurus klub bukan hanya menerima usulan itu, namun juga memutuskan untuk membangun  sebuah masjid yang lengkap. Biayanya ditanggung klub 85 persen dan sisa  sumbangan dari kaum Muslim termasuk Frank Libery. Subhanallah.

6 Klub Eropa Yang Punya Masjid Di Stadion

1. Rubin Kazan - Kazan Arena (Rusia).

Klub sepakbola profesional asal negara Rusia Rubin Kazan, yang berkandang di Kazan Arena. Sedang melakukan pembangunan masjid di stadion mereka, hal ini dilakukan karena mayoritas penduduk kota Kazan adalah Muslim. Sehingga pihak manajemen klub memutuskan membangun Masjid di komplex sekitar stadion.  Kazan Arena baru diresmikan pada Juli 2013. 

2. Blackburn Rovers - Ewood Park (Inggris).

Ewood Park merupakan stadion kebanggan klub Liga Inggris Blackburn Rovers, punya dua tempat ibadah sekaligus di komplex stadion. Yaitu Gereja dan Masjid, keberadaan Masjid dan Gereja bertujuan untuk mempermudah para pemainnya menunaikan ibadah keagamaan masing-masing.
Ewood Park Stadion memiliki kapasitas 31 ribu kursi dan didirikan pada awak tahun 1882 silam.

3. Bayern Muenchen - Allianz Arena (Jerman)

Pemilik Bayern Munchen, memutuskan untuk membangun masjid di komplek Allianz Arena. Keputusan ini diambil, setelah bos Munchen mendengarkan masukan dari salah satu bintangnya yaitu Franck Ribery. Pemain timnas Prancis itu meminta secara khusus agar sang pemilik klub menyediakan tempat berdoa untuk pemain muslim Munchen, Ribery tidak meminta tempat besar, melainkan ruangan kecil yang di khususkan untuk berdoa. Akan tetapi presiden Munchen, membuatkan masjid untuk umat Islam yang ingin menunaikan ibadat Shalat di sekitar Allianz Arena.

4. Newcastle United - St James Park (Inggris)

Sebagai salah satu klub yang memiliki pemain beragama Islam, Newcastle membangun Masjid untuk menghormati pemain-pemainnya yang membantu klub. Seperti Papiss Cisse, Hatem Ben Arfa, Mapou Yanga Mbiwa, Moussa Sissoko, dan Demba Ba. Merupakan beberapa pemain Muslim yang sempat membela Newcastle. Awal tahun 2006, pihak klub sepakat mendirikan tempat ibadah bagi pemain-pemain Muslim.

5. Bolton Wanderers - Macron Stadium (Inggris)

Stadion baru milik Bolton Wanderers, Macron Stadium, juga membangun masjid di dalamya. Ini karena beberapa pemain mereka memeluk agama Islam. Macron Stadion merupakan stadion terbaru milik Bolton, karena mereka baru menggunakannya pada tahun 1997. 

6. Manchester City - Etihad Stadium (Inggris).

Manchester City merupakan klub yang berdomisili di kota Manchester, Inggris. Setelah saham kepemilikannya di beli Sheikh Mansour Zayed Al Nahyan, prestasi Manchester City semakin bersinar. Bermula dari pembelian pemain bintang, hingga pelatih berpengalaman kelas dunia didatangkan untuk menangani klub. Sehingga wajar saja beberapa tahun ini prestasi Manchester City selalu mentereng, Sheikh Mansour juga merombak tujuan klub yang dulunya untuk uang sekarang menjadi prestasi. Sheikh Mansour yang berasal dari timur tengah juga membangun Masjid, untuk Shalat para pemainnya yang beragama Islam. (*)

Avatar
Jon Sukma1457 posts

REDAKSI COWAS JP

Berita Terkait
Komentar