Perkemahan Pramuka Tingkat Nasional V

Kabupaten Blitar Siap Jadi Tuan Rumah

Bupati Blitar H.Rijanto saat memimpim apel pramuka di Kota Blitar. (Foto: istimewa)

COWASJP.COM – ockquote>

O l e h: Imam Kusnin Ahmad

-----------------------------------------

KABUPATEN Blitar siap menjadi tuan rumah Perkemahan Tingkat Nasional (Pertinas) V Saka Bakti Husada 2016 yang dihelat 17 - 23 Oktober 2016 di Bumi Perkemahan Serut, Kabupaten Blitar.

Kesiapan  ini disampaikan Bupati Blitar, H.Rijanto saat mempresentasikan kegiatan tersebut di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta, Selasa 23 Februari 2016lalu. Orang nomor satu di Kabupaten Blitar tersebut menjelaskan, Bumi Perkemahan Serut dengan luas sekitar 25 hektar sangat potensial digunakan sebagai lokasi perkemahan.  

Lokasinya terletak di area Bendungan Serut yang dikelola oleh PT Pembangkit Jawa Bali, Perum Jasa Tirta, dan Perum Perhutani. Bumi Perkemahan Serut masuk dalam 3 wilayah kecamatan. Yakni Kecamatan Kanigoro, Kecamatan Sutojayan, dan Kecamatan Kademangan. 

Sarana dan prasarana di lokasi tersebut antara lain: lapangan utama dan sarana penunjang kegiatan perkemahan, instlasi air dan listrik, sarana MCK sekitar 200 unit, lahan untuk pameran atau anjungan provinsi serta pasar rakyat.

Selain itu juga terdapat taman wisata, home stay (rumah penduduk) di sekitar bumi perkemahan, dan terdapat banyak hotel di Kota Blitar yang jaraknya hanya sekitar 5 kilometer dari lokasi perkemahan. Hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Bumi Perkemahan Serut.

pramuka-1cSeJt.jpg

Logo Pertinas V (Foto: istimewa)

Rencananya, kegiatan yang akan berlangsung selama tujuh hari tersebut akan diikuti sekitar 2.500 peserta dari seluruh Indonesia, juga peserta dari 11 negara ASEAN , Amerika Serikat, dan Kanada.

Dalam kegiatan Pertinas V Saka Bakti Husada akan digelar pasarrakyat. Ini bertujuan mengakomodasi masyarakat yang ingin berjualan di sekitar lokasi. Juga sebagai sarana promosi produk unggulan Kabupaten Blitar.

Selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar, H. Rijanto mengungkap potensi yang dimiliki Kwarcab Blitar, dalam hal ini tersedianya kader Pramuka yang bertugas disetiap daerah terpencil untuk memantau jentik nyamuk demam berdarah. Harapannya, dapat menjadi model pelaksanaan pendampingan kegiatan tersebut.

pramuka-28Nfnp.jpg

Lokasi Pertinas V di Bendungan Serut yang dikelola oleh PT Pembangkit Jawa Bali, Perum Jasa Tirta, dan Perum Perhutani. (Foto: istimewa)

Seperti diketahui, sesuai dengan Surat Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tanggal 15 Oktober 2015 Nomor: 410/13.00.C perihal penunjukkan tempat Pertinas Saka Bakti Husada 2016, Kabupaten Blitar ditunjuk sebagai tuan rumah. Kesiapan ini seperti tercantum dalam Surat Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar kepada Kwarda Jatim tanggal 7 Desember 2015 Nomor: 217/13.05-C perihal kesiapan Kabupaten Blitar sebagai tempat penyelenggaraan PERTINAS Saka Bakti Husada 2016. 

Terkait persetujuan permohonan izin tempat kegiatan dikuatkan dengan surat dari KPH Blitar tangal 30 Desember 2015 Nomor: 1331/001.6/Humas/Btr/Divre Jatim. 

Sebagai tuan rumah, lanjut Bupati Blitar,  pihaknya akan menjamu peserta dengan sebaik-baiknya.

Semua potensi akan dikerahkan untuk menyukseskan acara lima tahunan ini. “ Kesenian dan Pencak Silat  akan kami tampilkan dalam acara pembukaan. Kita akan menerjunkan 400 pesilat untuk atraksi penyambutan pada acara tersebut,’’ tambah bupati. (*)

Pewarta :
Editor :
Sumber :

Komentar Anda